Review Realme Watch S: Harga Rp 1 Jutaan Bertabur Fitur Kekinian

Review Realme Watch S: Harga Rp 1 Jutaan Bertabur Fitur Kekinian

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 07 Des 2020 07:16 WIB
Realme Watch S
Realme Watch S. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pasar wearable gadget kian ramai dengan kehadiran bermacam smartwatch dan gelang pintar. Sementara di luar sana ada cukup banyak smartwatch mahal, tidak sedikit alternatifnya yang lebih ramah kantong berebut perhatian seperti Realme Watch S.

Untuk fitur-fiturnya, Realme Watch S tidak jauh berbeda dengan smartwatch kebanyakan saat ini. Berbagai fitur kekinian dihadirkan Realme pada jam tangan pintar terbarunya ini. Simak pengalaman detikINET menggunakan Realme Watch S.

Realme Watch SDesain Realme Watch S yang simpel. Foto: Adi Fida Rahman/detikcom

Desain

Realme Watch S punya desain bulat seperti jam tangan analog yang membuatnya terlihat simpel. Ada dua tombol pada sisi kanan atas dan bawahnya yang membuat tampilannya makin familier.

Menggunakan material alumunium, Realme Watch S terasa solid dan berkesan premium. Meski berbalut alumunium, jam tangan pintar ini masih terasa ringan saat dipakai. Jam tangan dengan diameter 3,3 cm ini mungkin lebih pas dipakai tangan berukuran sedang jika tidak suka terlihat kebesaran secara penampilan. Tapi ini tergantung selera ya.

Bagian strap jam tangan terbuat dari bahan silikon yang terasa empuk dan cukup nyaman di pergelangan tangan. Strap ini juga removable sehingga bisa diganti-ganti. Kalian bisa beli pilihan strap yang ditawarkan Realme, atau menggunakan strap jam sendiri yang sudah kalian punya asalkan ukurannya sama.

Realme Watch SDisplay Realme Watch S yang jernih dan ada fitur auto brigthness. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Display

Dengan ukuran 1,3 inch, layar Realme Watch S terasa pas untuk bernavigasi di dalamnya. Resolusinya cukup tinggi yakni 360x360 pixel, sehingga tampak jernih dan nyaman untuk melihat konten pada layar. Layar ini pun dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk melindunginya dari goresan.

Selain saturasi warna dan tingkat kontrasnya yang cukup baik, layar Realme Watch S juga punya sensor auto brightness yang mampu menyesuaikan dengan kondisi cahaya. Jadi tidak perlu mengatur kecerahan layarnya secara manual.

Realme Watch S menyediakan sekitar 100-an lebih watch face yang bisa disesuaikan dengan gaya pengguna. Tersedia 6 watch face bawaan pada jam tangan, sisanya bisa didownload dari aplikasi Realme Link yang terkoneksi dengan smartphone. Oh ya, kalian juga bisa menggunakan foto milik sendiri sebagai watch face.

realme watch sWatch face untuk Realme Watch S yang bisa didownload di Realme Link. Foto: Screenshot detikINET

Untuk menyalakan layar, kita bisa menekan tombol di samping kanan atas atau dengan tap dua kali pada layarnya. Cara tap ini terkadang tidak berhasil. Tenang, ada sensor layar yang bisa menyalakan layar secara otomatis ketika pergelangan tangan diangkat. Responsnya cepat dan akurat.

Konektivitas

Realme Watch S bisa terhubung ke smartphone Android lewat aplikasi Realme Link. Proses pairing jam tangan pintar dengan aplikasi di smartphone sangat mudah dan berjalan mulus. Saat proses pencarian, smartwatch langsung ditemukan dan tersambung.

Kita bisa menampikan notifikasi dari aplikasi yang ada di smartphone dengan mengaturnya dari aplikasi Realme Link. Notifikasi yang ditampilkan di smartwatch cukup cepat, tidak delay. Tampilan notifikasinya juga rapi, ditampilkan secara berurutan.

Selanjutnya: Fitur Kesehatan Lengkap dan Berguna