Amerika Melunak? Qualcomm Disebut Boleh Jual Chip ke Huawei

Amerika Melunak? Qualcomm Disebut Boleh Jual Chip ke Huawei

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 14:15 WIB
Logo Qualcomm
Qualcomm Dikabarkan Boleh Jual Chip ke Huawei Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Huawei saat ini tidak bisa memproduksi chipset sendiri dan tidak bisa membelinya dari perusahaan Amerika Serikat. Tapi sepertinya Qualcomm sudah mendapatkan lisensi untuk menjual chip untuk Huawei.

Seperti diketahui, Huawei menggunakan chipset Kirin buatannya yang diproduksi oleh TSMC. Tapi karena pembatasan perdagangan yang ditetapkan pemerintah AS, TSMC yang menggunakan peralatan asal AS diperintahkan untuk tidak berbisnis dengan Huawei.

Tapi laporan baru-baru ini mengungkap bahwa perusahaan seperti Intel, AMD, Samsung Display, Sony dan lain-lainnya telah mendapatkan izin dari pemerintah AS untuk melanjutkan bisnis dengan Huawei. Sepertinya Qualcomm juga telah mendapatkan izin serupa.

Dikutip detikINET dari Android Police, Jumat (13/11/2020) berdasarkan kabar dari media China, sumber dekat Huawei mengatakan Qualcomm telah mendapatkan izin untuk menjual chipset kepada Huawei.

Kabar tersebut juga menyebutkan salah satu prasyarat yang ditetapkan Qualcomm untuk memasok chipset kepada Huawei adalah vendor asal China tersebut harus melepaskan brand Honor. Prasyarat ini ditetapkan karena Qualcomm akan kesulitan menyediakan chip untuk Huawei dalam kondisi saat ini.

Menariknya, baru-baru ini Huawei berencana menjual Honor kepada konsorsium yang dipimpin oleh Digital China dan pemerintah Shenzhen dengan harga USD 15,2 miliar. Tidak diketahui apakah penjualan ini didorong oleh kemungkinan melanjutkan bisnis dengan Qualcomm atau karena tekanan akibat pembatasan perdagangan.

Huawei dan Qualcomm belum memberikan komentarnya terhadap kabar ini, jadi mungkin tidak bisa sepenuhnya dipercaya. Qualcomm sendiri masih ingin berbisnis dengan Huawei dan telah mengajukan izin kepada pemerintah AS sejak beberapa bulan yang lalu.

Sejak dilarang berbisnis dengan perusahaan AS dan perusahaan yang menggunakan teknologi AS, bisnis ponsel Huawei memang sedikit pincang. Mereka bahkan kesulitan memproduksi lini Mate 40 karena kekurangan stok chipset Kirin 9000.

Selain chipset dari Qualcomm, Huawei diperkirakan akan meluncurkan ponsel dengan chip MediaTek dalam waktu dekat. Beberapa waktu yang lalu, Huawei dikabarkan telah mendapatkan stok chipset Dimensity dalam jumlah besar sebelum bulan September.



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)