4 Tips Optimalkan Akun Instagram untuk Bisnis Kuliner

4 Tips Optimalkan Akun Instagram untuk Bisnis Kuliner

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 13:11 WIB
MENLO PARK, CA - JUNE 20:  An attendee takes a photo of the instagram logo during a press event at Facebook headquarters on June 20, 2013 in Menlo Park, California. Facebook announced that its photo-sharing subsidiary Instagram will now allow users to take and share video.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Bisnis kuliner online jadi salah satu langkah yang paling tepat di tengah wabah virus Corona sekarang ini. Terlebih diberlakukannya kembali PSBB di Jakarta membuat semua kegiatan dan interaksi hanya bisa dilakukan secara daring.

Tak ayal banyak pebisnis kuliner memanfaatkan platform digital untuk jualan. Kendati demikian, pelaku usaha harus memiliki trik marketing agar bisnis kuliner laris manis dan mampu menjangkau pelanggan baru setiap harinya. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu mengoptimalkan akun Instagram untuk jualan.

Melalui sosial media ini pelaku usaha dapat mempermudah konsumen mendapatkan informasi tentang bisnis kulinernya. Berikut 4 tips optimalkan akun Instagram yang dilansir dari akun @grabmerchantid. Semoga bisa membantu bisnis makanan makin cuan, ya!

1. Ubah Profil Jadi Akun Bisnis

Pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah akun pribadi Instagram menjadi akun bisnis. Sebab, kelebihan akun bisnis memudahkan Anda mendapatkan insight untuk melihat pertumbuhan dan audiens setiap harinya dari iklan yang Anda lakukan.

2. Buat Bio Menarik dan Informatif

Deskripsikan slogan yang menarik untuk bisnis kuliner di bio Instagram. Sesuatu yang membuat konsumen penasaran biasanya akan membuat orang mencari tahu bisnis kuliner apa yang ditawarkan. Pastikan nomor telepon dan alamat toko juga tersedia di bio tersebut.

3. Cantumkan Link GrabFood

Bukan rahasia lagi jika GrabFood memudahkan pelaku usaha dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, tambahkan link resto GrabFood pada bagian profil agar pelanggan dapat dengan mudah memesan makanan dengan satu klik saja.

4. Gunakan Logo Bisnis pada Foto Profil

Saat pelanggan mengunjungi akun Instagram, penting agar mereka bisa langsung dapat mengenali identitas bisnis. Logo yang jelas dan baik kerap kali jadi pendorong ketertarikan orang untuk membeli makanan atau minuman yang ditawarkan. Jadi inilah tujuan penggunaan logo bisnis pada foto profil.

Itu dia tips dasar optimalkan Instagram untuk bisnis kuliner. Selain tips di atas, pastikan penjual juga memperhatikan kerapihan feed Instagram dengan menghadirkan foto-foto makanan atau minuman secara baik dan sesuai dengan selera pasar.

Sebagai informasi, para pelaku bisnis makanan juga bisa mengoptimalkan penjualannya di aplikasi serba bisa Grab. Bergabung di Grab sebagai merchant bisa memperluas pasar, dari yang tadinya hanya satu daerah jadi bisa menjual ke beberapa daerah.

(prf/fay)