Pembelian TikTok di Amerika Segera Diumumkan

Pembelian TikTok di Amerika Segera Diumumkan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 03 Sep 2020 13:34 WIB
Presiden AS Donald Trump resmi keluarkan perintah eksekutif melarang TikTok dan WeChat beroperasi di AS. Aturan itu berlaku dalam 45 hari ke depan.
Pembelian TikTok Segera Diumumkan (Foto: AP Photo)
Jakarta -

ByteDance bersiap melepaskan kendalinya atas TikTok. Informasi terbaru menyebutkan, proses penjualan jejaring sosial berbagi video ini diperkirakan selesai dalam waktu dekat.

Kesepakatan terkait bagaimana operasional TikTok di AS, Selandia Baru, dan Australia kabarnya segera diumumkan, menurut CNBC, The Wall Street Journal dan The New York Times, dengan mengutip sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

Belum diketahui bagaimana aturan baru China tentang mengekspor teknologi dapat mempengaruhi kesepakatan tersebut. Menurut beberapa laporan, hal ini dapat bergantung pada apakah ByteDance menjual program komputer yang mendukung rekomendasi TikTok dan membantu meningkatkan tren viral.

Sejauh ini, Microsoft, Oracle, dan sejumlah perusahaan AS lainnya berlomba menawar TikTok. Bahkan raksasa retail Walmart pun tertarik memiliki TikTok, dan menggandeng Microsoft untuk menawarnya.

Sumber lain menyebutkan, valuasi TikTok AS, Kanada, Australian, dan Selandia Baru mencapai USD 30 miliar. Walmart dalam pernyataannya pekan lalu mengatakan, integrasi TikTok dengan iklan akan menguntungkan bagi kreator konten dan pengguna aplikasi, serta menawarkan kesempatan untuk membawa putaran baru ke dunia e-commerce.

"Kami yakin hubungan potensial dengan TikTok AS dalam kemitraan dengan Microsoft dapat menambahkan fungsi utama ini dan menjadikannya cara penting bagi Walmart untuk menjangkau dan melayani (berbagai jenis) pelanggan serta mengembangkan pasar pihak ketiga dan bisnis periklanan kami," Kata Walmart.

Menurut laporan CNBC, Walmart awalnya mempertimbangkan ingin membeli TikTok dengan menggandeng perusahaan induk Google, Alphabet. Namun kemudian, Walmart beralih ke Microsoft setelah mengetahui mereka tidak bisa memperoleh saham mayoritas di TikTok jika bermitra dengan Alphabet.

Menanggapi laporan ini, baik TikTok, Microsoft dan Oracle yang paling sering disebut-sebut dalam rencana pembelian ini, menolak memberikan komentar. Jadi, kita tunggu saja siapa yang akhirnya berhasil meminang TikTok.



Simak Video "ByteDance Tegaskan TikTok Tidak Dijual ke Microsoft atau Oracle"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)