Grab dan Kemenkop UKM, Dorong Pedagang Melek di Era Digital

Grab dan Kemenkop UKM, Dorong Pedagang Melek di Era Digital

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 01 Sep 2020 16:33 WIB
Grab
Ilustrasi Grab. Foto: Grab
Jakarta -

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM) menjalin kerjasama dengan Grab untuk memajukan UMKM Indonesia. Sejalan dengan pemerintah, Grab berkomitmen melakukan usaha memajukan pedagang kecil.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mewakili perusahaannya mengatakan pihaknya mengapresiasi dukungan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki dengan inisiatif yang telah diluncurkan Grab. Hal ini ia ungkapkan dalam acara konferensi pers virtual, Selasa (1/9/2020).

"Beberapa kali mendukung inisiatif untuk memajukan UMKM Tanah Air, pada hari ini kita bisa memformalkan kerjasama ini. Nota kesepakatan ini untuk meringankan dampak wabah COVID-19, sebagai bagian dari perwujudan 'Grab 2025 Grab for Good' mendorong kesiapan Asia Tenggara menyambut perekonomian digital," ucapnya.

Program kerjasama ini ditujukan untuk untuk membantu UMKM Indonesia beradaptasi menghadapi era 'New Normal'. Grab berharap lewat kolaborasi ini bisa merangkul ribuan UMKM khusus dari platform Grab.

Dalam kesempatan yang sama, Menkop UKM Teten Masduki melontarkan kerjasama ini bukan hanya usaha untuk membuat para pelaku UMKM bertahan di tengah pandemi yang disebabkan virus SARS-CoV-2 ini, melainkan juga upaya mempercepat transformasi digital UMKM.

"Kita tahu angkanya masih rendah 13% dari total populasi UMKM, kita lihat statistik ada pekerjaan yang masih cukup berat untuk mendorong percepatan. Pemerintah tidak bisa sendiri dan mempercepat transformasi," tuturnya.

"Yang dibutuhkan UMKM sebenarnya adalah selain edukasi, mereka bisa on boarding di platform digital," kata Teten.

Tak cuma masuk ke platform digital, dengan kerjasama bersama Grab ini diharapkan pelaku UKM bisa bertahan dan beradaptasi dengan digitalisasi.



Simak Video "Pastikan Hal Ini Sebelum Kembali Mengendarai Grab Wheels"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)