UMKM Sumbang Rp 2,4 Triliun, Ninja Xpress Dorong Pemanfaatan Digital

UMKM Sumbang Rp 2,4 Triliun, Ninja Xpress Dorong Pemanfaatan Digital

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 14:48 WIB
ninja xpress ilustrasi
Ilustrasi Ninja Xpress. Foto: istimewa
Jakarta -

Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia (Akumindo) pada 2019 mencatat kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai 65% atau sekitar Rp 2.394,5 triliun. Dari sini lah, Ninja Xpress menyadari pentingnya pemanfaatan perubahan di era digital bagi pelaku UMKM.

Ninja Xpress berkolaborasi dengan SUQMA turut andil menjadi bagian dari energi besar tersebut melalui program Lokalisme #ObsesiUntukNegeri.

Melalui program kolaborasi ini, tercipta sebuah platform digital yang dirancang khusus untuk UMKM pada online infrastruktur SUQMA tanpa pengenaan biaya jasa ataupun consignment fee untuk UMKM (brand) pilihan, sebagai pusat penjualan serta mendorong penjualan dan pemasarannya.

Program Lokalisme ini akan dilaksanakan hingga bulan September 2020. Sejumlah 10 brand lokal akan bergabung dalam program Lokalisme dari berbagai kategori yang terpilih dan telah mengikuti program inkubasi dalam Ninja Academy dan memiliki jenis usaha yang paling terkena imbas Pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, Ninja Xpress juga akan mendukung UMKM tersebut melalui advertising campaign dalam bentuk social media campaign yang diharapkan dapat dilihat oleh lebih dari 5 juta orang per UMKM.

"Ninja Xpress sebagai mitra UMKM memahami berbagai perubahan terjadi saat pandemi, termasuk pola perilaku konsumen bisnis, banyak yang menjadi baru dan bergeser. Kondisi itu menuntut pelaku UMKM untuk cepat tanggap dalam merespons perubahan," kata Country Head Ninja Xpress Ignatius Eric Saputra melalui siaran pers yang diterima detikINET.

Sebelumnya, Ninja Xpress juga menghadirkan Ninja Academy, program pengembangan kapasitas UMKM dalam berbisnis guna mendorong pengembangan bisnis pelaku UMKM Indonesia dengan fasilitas pemberdayaan yang dikenal dengan 'Creative Hub'.

Ini diperuntukkan untuk mendukung para UMKM menghasilkan materi promosi produk dalam bentuk menarik dan profesional untuk dipublikasikan di akun media sosial mereka seperti layanan foto produk gratis, iklan di media sosial, kolaborasi gratis bersama para influencer, hingga layanan manajemen konten media sosial. Dalam waktu 6 bulan ini, lebih dari 2.000 UMKM telah bergabung dalam Ninja Academy.

Mau tahu lebih banyak soal UMKM, klik saja di sini.



Simak Video "#AromaMaluku Memberikan Persembahan untuk Nusantara dan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)