Fitur Privasi iOS 14 Bikin Pendapatan Pengiklan Facebook Turun

Fitur Privasi iOS 14 Bikin Pendapatan Pengiklan Facebook Turun

Josina - detikInet
Jumat, 28 Agu 2020 12:25 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Fitur Privasi iOS 14 Bikin Pendapatan Pengiklan Facebook Menurun (Foto: Jason Lee/Reuters)
Jakarta -

Apple sangat berkomitmen terkait dengan privasi pengguna dan telah memperkenalkan fitur-fitur perlindungan privasi di iOS dan macOS yang bisa memberikan dampak pada pengiklan.

Apple pun seolah cuek dengan protes pengiklan tersebut, karena sistem operasi terbaru iOS 14 tentu akan sama seperti sebelumnya untuk menjaga privasi penggunanya.

Hal ini pun membuat Facebook angkat bicara dengan perubahan privasi yang akan datang di iOS 14 di mana perusahaan telah memperingatkan pengiklannya bahwa mereka mungkin akan mengalami penurunan pendapatan hingga 50%.

Sebabnya di iOS 14, Apple memberi pengguna opsi untuk mencegah iklan melacak pengguna di seluruh aplikasi dan situs web. Akibatnya, pengguna mungkin akan mulai melihat iklan yang kurang bertarget atau dipersonalisasi.

"Meskipun sulit untuk mengukur dampak terhadap penerbit dan pengembang pada saat ini dengan begitu banyak yang tidak diketahui, dalam pengujian kami telah melihat lebih dari 50% penurunan pendapatan penerbit Audience Network ketika personalisasi dihapus dari kampanye pemasangan iklan seluler," kata Facebook di lansir detiKINET dari Ubergizmo.

"Pada kenyataannya, dampak terhadap jaringan audiens di iOS 14 mungkin jauh lebih besar, jadi kami sedang mengerjakan strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk mendukung penayang melalui perubahan ini," lanjutnya.

iOS14 sendiri dijadwalkan akan dirilis pada musim gugur mendatang bersamaan dengan pengumuman peluncuran perangkat iPhone 12.



Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)