238 Karyawan Pabrik LG Positif Corona, Begini Awal Terungkapnya

238 Karyawan Pabrik LG Positif Corona, Begini Awal Terungkapnya

Isa Mawardi - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 19:50 WIB
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 22:  A logo sits illuminated outside the LG pavilion on the opening day of the World Mobile Congress at the Fira Gran Via Complex on February 22, 2016 in Barcelona, Spain. The annual Mobile World Congress hosts some of the worlds largest communications companies, with many unveiling their latest phones and wearables gadgets.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
238 Karyawan Pabrik LG Positif Corona, Begini Awal Muasalnya (Foto: David Ramos/Getty Images)
Jakarta -

238 Karyawan pabrik elektronik LG positif Corona di Bekasi, mengagetkan banyak orang. Begini asal muasalnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkap awal mula 238 karyawan pabrik LG diketahui terpapar Corona (COVID-19). Awalnya ada beberapa karyawan LG terkonfirmasi Corona.

"Awalnya memang dari adanya kasus pekan lalu sebanyak 1 atau 2 karyawan," kata Agus kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).

Setelah itu, pihak Pemkab Bekasi melakukan tracing terhadap seluruh karyawan pabrik LG. Hasilnya, ratusan pegawai positif COVID-19.

"Kemudian dilakukan test and trace oleh Gugus Tugas hasilnya adalah 238 karyawan positif COVID-19," imbuh Agus.

Agus menegaskan pihak LG telah menyetop operasi pabrik selama 14 hari ke depan. Hal itu guna menekan penyebaran virus Corona di kawasan industri.

"Sesuai dengan protokol kesehatan dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 8, pabrik dapat melakukan langkah-langkah penanganan bila ada pekerja yang terpapar COVID-19. Untuk kasus LG mereka memutuskan untuk menghentikan produksi selama 14 hari," kata Agus.

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah, mengatakan hal serupa. Ia menyebut salah satu pegawai pabrik LG yang positif Corona meninggal dunia. Disebutkan, pegawai yang meninggal itu adalah salah satu staf yang pergerakannya aktif di pabrik.

"Kasus awalnya ada pekerja meninggal tanggal 19 Agustus di Rumah Sakit Pasar Rebo Jaktim karena COVID-19. Lalu dilakukan PCR massal hari Jumat, karena almarhum termasuk staf di office yang mobile," kata Alamsyah ketika dikonfirmasi.

Diketahui, pabrik tersebut berada di kawasan MM2100, Kabupaten Bekasi. Hingga kini, Pemkab Bekasi masih melakukan tracing terhadap penyebaran virus di kawasan industri.

detikINET pun berusaha meminta tanggapan resmi dari pihak LG. Namun hingga berita ini ditayangkan, belum ada respons dari pihak LG.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)