Produksi Chip 7nm TSMC Tembus Semiliar

Produksi Chip 7nm TSMC Tembus Semiliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 23 Agu 2020 10:24 WIB
prosesor tsmc
Produksi Chip 7nm TSMC Tembus Semiliar (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) melaporkan pencapaian terbarunya, yaitu produksi chip 7nm yang sudah mencapai satu miliar.

Dengan setiap chip mempunyai lebih dari satu miliar transistor, total chip yang diproduksi oleh TSMC ini mempunyai 1 quintilion transistor berukuran 7nm, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Minggu (23/8/2020).

TSMC sudah memproduksi chip 7nm tanpa cacat produksi sejak April 2018, dan chip tersebut dipakai di lebih dari 100 produk dari lusinan konsumen TSMC, seperti AMD, Apple, dan Qualcomm.

AMD adalah konsumen chip 7nm TSMC yang paling besar untuk 2020 ini, dengan chip berarsitektur Zen 2 yang dipakai di prosesor mereka, serta nantinya dipakai di PlayStation 5 dan Xbox Series X. Sementara chip dengan arsitektur Zen 3 diperkirakan bakal memakai node 7nm MOSFET yang lebih canggih.

Selain Zen 2, chip GPU Big Navi AMD juga bakal memakai proses 7nm, juga dengan GPU AMD terbaru saat ini. Sementara Nvidia baru akan memakai proses 7nm di GPU Ampere yang bakal dirilis dalam waktu dekat.

Dalam laporannya, TSMC menyebut produk yang sempurna dihasilkan dari banyak percobaan dan latihan. Sebagai perusahaan yang pertama memproduksi chip 7nm secara massal, mereka mengaku mempunyai banyak waktu untuk meningkatkan kualitas dari chip buatannya.

Sejak memulai produksi chip 7nm, TSMC memperkenalkan litografi extreme ultraviolet (EUV), yang membuat fitur skala nanometer bisa dibuat dengan lebih mudah. Namun membuat cahaya EUV ini adalah proses yang rumit.

TSMC adalah perusahaan pertama yang menggunakan EUV di produksi komersialnya, dan bakal menggunakan teknologi sama di produksi chip 5nm. Saat ini mereka tengah menggarap pabrik baru senilai USD 12 miliar di Arizona, AS, yang bakal dipakai untuk memproduksi chip 5nm.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)