Canalys: Huawei Salip Samsung Jadi Produsen Ponsel Terlaris

Canalys: Huawei Salip Samsung Jadi Produsen Ponsel Terlaris

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 01 Agu 2020 19:03 WIB
HANOVER, GERMANY - JUNE 12: The Huawei logo is displayed at the 2018 CeBIT technology trade fair on June 12, 2018 in Hanover, Germany. The 2018 CeBIT is running from June 11-15. (Photo by Alexander Koerner/Getty Images)
Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta -

Huawei Technologies merebut gelar sebagai produsen ponsel terlaris dunia dari Samsung Electronics di kuartal kedua ini, versi Canalys. Pencapaian ini memperlihatkan ketahanan pasar China bahkan ketika permintaan ponsel secara global sedang anjlok di tengah pandemi.

Berdasarkan data Canalys, Huawei mengapalkan 55,8 juta perangkat selama periode April - Juni, menyalip perolehan Samsung di angka 53,7 juta.

Dikutip dari Reuters, Huawei sebenarnya terdampak parah dari sanksi yang diberikan AS sehingga mengganggu bisnisnya di luar negeri. Namun angka terbaru ini memperlihatkan dominasi pasar China yang menjadi kandangnya.

"Bisnis kami memperlihatkan ketahanan luar biasa di waktu yang berat ini," kata juru bicara Huawei.

Huawei saat ini tercatat menempati porsi dua pertiga penjualan handset di China. Di awal pandemi, pasar perangkat China benar terpukul parah. Namun kemudian, Negeri Tirai Bambu ini bangkit dari pandemi seiring berkurangnya kasus COVID-19 di negaranya.

Tentu bukan hal mudah untuk bisa pulih dari situasi yang berat. Para pembuat smartphone yang mendominasi di negara lain, masih berjuang karena kasus virus Corona terus meningkat.

Penjualan Huawei turun 5% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya, sementara Samsung mencatat penurunan 30% karena lemahnya permintaan di pasar utama termasuk Brasil, Amerika Serikat dan Eropa.



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)