Nvidia Siap Akuisisi ARM, Berapa Nilainya?

Nvidia Siap Akuisisi ARM, Berapa Nilainya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 01 Agu 2020 16:07 WIB
Nvidia
Foto: Nvidia
Jakarta -

Nvidia disebut tengah bernegosiasi tingkat lanjut untuk mengakuisisi ARM dari SoftBank, dengan nilai lebih dari USD 32 miliar atau sekitar Rp 470,4 triliun.

ARM adalah perusahaan asal Inggris yang mendesain arsitektur chip yang dipakai di hampir semua prosesor mobile yang ada saat ini, seperti buatan Qualcomm, Apple, Samsung, sampai Huawei. Pemiliknya saat ini adalah SoftBank, perusahaan holding multinasional asal Jepang.

SoftBank sendiri sebelumnya memang disebut tengah menjajaki opsi untuk menjual ARM, dan sejauh ini hanya Nvidia yang terlihat serius untuk akuisisi tersebut, terlihat dari diskusi konkrit yang dilakukan sampai saat ini.

Akuisisi tersebut, jika terjadi, kemungkinan akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Meski sampai saat ini belum ada kata sepakat antara keduanya. Saat nanti terjadi, akuisisi ini bakal menjadi salah satu akuisisi terbesar dalam sejarah bisnis chip komputer.

ARM dibeli oleh SoftBank pada 2016 dengan nilai USD 31 miliar, dan nilainya terus tumbuh karena semakin banyak perangkat yang menggunakan arsitektur buatan mereka, baik Android, iOS, dan lainnya.

Bahkan Microsoft pun sudah membuat perangkat Surface berbasis ARM, dan sistem operasi Windows untuk ARM. Begitu pula Apple, yang sudah memastikan akan beralih dari prosesor Intel ke Apple Silicon yang memakai arsitektur RAM.

SoftBank disebut bakal menjual ARM untuk mengurangi jumlah utangnya yang terus menumpuk, dan menenangkan sejumlah investor. Penjualan ARM ini dinilai bakal memperbaiki kinerja finansial perusahaan asal Jepang tersebut.

Di sisi lain, Nvidia bakal menjadi pemilik baru yang sangat menarik -- jika akuisisi itu benar terjadi. Pasalnya, Nvidia adalah pemimpin pasar untuk chip grafis, yang juga menggunakan arsitektur ARM.

Jika mereka benar mengakuisisi ARM, kemungkinan besar mereka akan benar-benar dipantau oleh pihak regulator, karena Nvidia punya banyak kompetitor yang menggunakan desain buatan ARM, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (1/8/2020).



Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)