Produsen PC Diprediksi Bakal Tinggalkan Intel dan AMD

Produsen PC Diprediksi Bakal Tinggalkan Intel dan AMD

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 17 Jul 2020 12:35 WIB
Apple Silicon
CEO Apple Tim Cook saat mengumumkan perpindahan Apple dari Intel ke Apple Silicon. Foto: Apple
Jakarta -

Apple sudah memastikan kalau mereka akan meninggalkan Intel dan beralih menggunakan chip ARM untuk perangkat Mac-nya. Produsen PC pun diprediksi bakal melakukan hal yang sama.

Setidaknya itulah prediksi dari Jean-Louis Gassee, mantan eksekutif Apple yang jadi bos pengembangan perangkat Mac pada tahun 1980-an. Menurutnya, langkah Apple untuk meninggalkan arsitektur x86 dan beralih ke ARM itu memaksa produsen PC untuk mempertimbangkan hal yang sama.

"Hal itu akan mempunyai konsekuensi serius terhadap kerja sama Wintel yang ada," ujar Gassee, demikian dikutip detikINET dari PCGamer, Kamis (16/7/2020).

Sebagai informasi, Wintel (Windows Intel) adalah kerja sama antara Microsoft Windows dan Intel untuk memproduksi PC yang memakai prosesor x86 bikinan Intel dan menjalankan OS Windows.

Apple sendiri sudah merencanakan perubahan ini sejak dua tahun ke belakang, dan kemudian memutuskan bahwa dalam dua tahun ke depan, semua perangkat Mac akan menggunakan Apple Silicon, chip yang mereka desain dengan arsitektur ARM.

Keputusan ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, dan bahkan beberapa di antaranya sudah menyarankan untuk tak membeli perangkat Mac sampai Apple merilis lini Mac baru dengan chip ARM.

Namun keputusan itu pun dipertanyakan, yaitu apakah Mac Pro tetap bisa relevan, atau tetap bisa mempertahankan performa tingginya, jika menggunakan chip ARM sebagai otaknya. Namun dalam postingan blog-nya, Gassee menyebut perpindahan dari Intel ke Apple Silicon ini bakal mempunyai efek domino yang akan menggoyang industri PC.

Setelah Apple memulai perpindahannya ke RM, Microsoft pun akan menggenjot pengembangan Windows on ARM. Pasalnya Microsoft cuma punya satu opsi lain, yaitu 'menyerahkan' takhta PC modern ke Apple.

"Apa yang akan dilakukan Dell, HP, Asus, dan lainnya jika Apple menawarkan laptop dan desktop yang lebih baik dan Microsoft melanjutkan pengembangan perangkat Windows on ARM Surface? Untuk bisa bersaing, pembuat PC tentu harus mengikutinya, mereka akan ikut pindah ke ARM karena Apple dan Microsoft akan membuat arsitektur x86 terlihat seperti yang seharusnya, yaitu usang," tulis Gassee.