Mengejutkan, Penjualan Ponsel Huawei Salip Samsung

Mengejutkan, Penjualan Ponsel Huawei Salip Samsung

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 30 Jul 2020 20:15 WIB
LAS VEGAS, NV - JANUARY 09:  The Huawei logo is display during CES 2018 at the Las Vegas Convention Center on January 9, 2018 in Las Vegas, Nevada. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs through January 12 and features about 3,900 exhibitors showing off their latest products and services to more than 170,000 attendees.  (Photo by David Becker/Getty Images)
Huawei salip Samsung di posisi pertama dalam penjualan di Q2. Foto: David Becker/Getty Images
Jakarta -

Huawei menjadi produsen smartphone terbesar di dunia pada kuartal II 2020 dan untuk pertama kalinya mengalahkan Samsung. Hal ini cukup mengejutkan lantaran Huawei sedang kena sanksi dari Amerika Serikat dan tak bisa menggunakan aplikasi Google.

Penjualan Huawei ternyata disumbang dari negara asalnya sendiri, yakni China. Secara total, Huawei mengapalkan 55,8 juta perangkat, turun 5% dibanding tahun sebelumnya, menurut perusahaan riset Canalys.

Sementara itu, tempat kedua ditempati Samsung yang mengirimkan 53,7 juta smartphone, turun sampai 30% lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year atau YoY).

Ini adalah pertama kalinya Huawei meraih posisi teratas selama satu kuartal penuh, yang mana ini sejalan dengan ambisi yang mereka canangkan selama beberapa tahun belakangan. Tetapi sejumlah analis meragukan apakah ini akan berkelanjutan atau tidak.

"Akan sulit bagi Huawei untuk mempertahankan keunggulannya dalam jangka panjang," kata Mo Jia, analis di Canalys, dalam siaran persnya.

"Mitra utamanya di wilayah kunci seperti Eropa, semakin waspada terhadap perangkat Huawei, mengambil model yang lebih sedikit, dan membawa merek baru untuk mengurangi risiko. Kekuatan di China saja tidak akan cukup untuk menopang Huawei di puncak begitu ekonomi global mulai pulih," sambungnya.

Diketahui, Huawei menjual lebih dari 70% smartphone di daratan China pada kuartal kedua. Sementara itu, pengiriman smartphone di pasar internasional anjlok 27% YoY di kuartal April hingga Juni, seperti dikutip detikINET dari CNBC.



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)