Apple Sekarang Punya iPhone 11 Made in India

Apple Sekarang Punya iPhone 11 Made in India

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 15:00 WIB
iPhone 11
Apple Sekarang Punya iPhone 11 Made in India. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Foxconn, mitra produsen Apple untuk wilayah Asia telah merakit iPhone terbaru. Ya, iPhone 11 made in India, tidak lagi buatan China.

Menurut pemberitaan Tech Crunch, berdasarkan informasi dari sumbernya langsung mengatakan bahwa Foxconn telah merakit jajaran iPhone 11 di sebelah kota selatan Chennai, India. Bahkan, sebagian unit iPhone 11 yang sudah diproduksi secara lokal telah dikirim ke para pengecer.

Apple sendiri disebutkan memiliki ambisi untuk meningkatkan produksi secara lokal di Negeri Bollywood tersebut. Dirakitnya iPhone 11 secara lokal ini juga sebagai tanda yang menggambarkan komitmen keseriusan perusahaan Cupertino, AS, itu dalam menjalankan usaha di pasar terbesar di dunia setelah China.

Adapun upaya perakitan iPhone 11 ini memang mengeksplorasi cara lain dan agar tidak bergantung pada China, yang mana selama ini memang memegang kendali sebagai produsen model iPhone.

Sedangkan mitra manufaktur Wistron yang berbasis di Taiwan, pertama kali merakit model iPhone lebih tua pada 2017. Namun untuk sekarang, Apple belum dapat memproduksi model iPhone generasi sekarang di India.

Wistron diketahui telah memproduksi iPhone SE, iPhone 6s, dan iPhone 7 di pabriknya yang ada di Bangalore, India. Saat ini pun Wistron diketahui merakit unit iPhone XR. Menurut sumber, Apple menghentikan produksi iPhone SE dan iPhone 6s secara lokal tahun lalu.

Dengan merakit ponsel secara lokal di India, memungkinkan berbagai vendor smartphone, tak terkecuali Apple, dapat menghindari bea masuk sekitar 20% yang dikenakan Pemerintah India untuk produk elektronik impor.

Selain Apple, Xiaomi, Vivo, Samsung, Oppo, OnePlus, dan berbagai vendor lainnya telah menandatangani kesepakatan dengan produsen lokal di seluruh India dalam merakit perangkat secara lokal dan dijual di negara tersebut.

Foxconn menilai India adalah salah satu pasar besar terbesarnya dengan berencana berinvestasi sebesar USD 1 miliar untuk menjalankan operasinya di negara yang berada di wilayah Asia Selatan ini. Sementara itu, Apple juga berniat meluncurkan online store dan toko ritel khusus India.



Simak Video "Tertunda, iPhone 12 Belum Akan Dijual September 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)