iPhone Akan Pakai Kamera Periskop di Tahun 2022

iPhone Akan Pakai Kamera Periskop di Tahun 2022

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 23 Jul 2020 22:25 WIB
iPhone 11 Pro
iPhone Akan Pakai Kamera Periskop di Tahun 2022 (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Apple sepertinya akan mengenalkan fitur kamera baru di iPhone masa depan. Analis Ming-Chi Kuo mengatakan raksasa teknologi ini akan menyematkan kamera periskop telephoto untuk iPhone yang dirilis tahun 2022 mendatang.

Dalam catatan penelitian yang dirilis TF Securities, Kuo mengatakan hal ini tergantung jika supplier lensa Semco dan Sunny Optical bergabung ke dalam supply chain Apple.

"Kami memperkirakan Semco, supplier lensa terbaik dari Korea, dan Sunny Optical, supplier lensa terbaik dari China, akan memasuki supply chain lensa Apple masing-masing pada 2H20 dan 2021," kata Kuo, yang dikutip detikINET dari Mac Rumors, Kamis (23/7/2020).

Kuo yakin Semco akan menyediakan sebagian besar lensa periskop telephoto yang dibutuhkan Apple untuk iPhone keluaran tahun 2022.

Lensa periskop sendiri belakangan memang menjadi primadona di kalangan ponsel flagship. Teknologi ini memberikan kemampuan pada ponsel untuk mengambil foto dengan zoom optical yang tinggi meski dalam kondisi ruangan yang terbatas seperti di dalam ponsel.

Apple sebelumnya sudah menggunakan lensa telephoto 2x untuk iPhone 7 Plus yang rilis pada tahun 2016. Tapi dengan lensa periskop, Apple bisa mendorong kemampuan zoom tersebut menjadi 5x atau lebih.

Rentang dan kedalaman lensa yang meningkat juga akan mendorong kemampuan fotografi iPhone untuk bersaing dengan Samsung Galaxy S20 Ultra dan Huawei P40 Pro Plus yang saat ini memiliki kemampuan zoom hingga 10x.

Apple juga sudah mendaftarkan paten terkait lensa periskop pada tahun 2016. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini mendeskripsikan teknologi tersebut sebagai 'sistem lensa kamera telephoto yang dilipat'.

Berdasarkan deskripsi dalam paten tersebut, cahaya akan masuk ke kamera lewat lensa utama, dipantulkan oleh cermin di dalam iPhone dan diarahkan ke lensa sekunder yang bergerak naik turun untuk proses zooming.



Simak Video "Tertunda, iPhone 12 Belum Akan Dijual September 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)