Ragam Inovasi Blibli yang Dorong Industri Pariwisata hingga UMKM

Ragam Inovasi Blibli yang Dorong Industri Pariwisata hingga UMKM

Inkana Putri - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 22:00 WIB
Chief Executive Officer Blibli Kusumo Martanto
Foto: Blibli
Jakarta -

Dalam rangka ulang tahun ke-9, Blibli ingin terus meningkatkan pelayanannya. Chief Executive Officer Blibli Kusumo Martanto mengatakan sebagai e-commerce lokal, Blibli ingin membawa disrupsi yang positif dengan selalu berupaya menciptakan peluang bagi masyarakat melalui ekosistem e-commerce.

Untuk itu, Blibli terus mengembangkan sistem dan fitur demi dan gebrakan yang menyelaraskan platform offline dan online bagi konsumen dan mitra sellers.

"Kilas balik setahun terakhir kami terus mewujudkan komitmen kami dalam menghadirkan enhance shopping experience melalui keseluruhan platform dan ekosistem di Blibli. Kami menghadirkan layanan yang memudahkan pelanggan dan mitra-mitra sellers seperti click and collect, tukar tambah, Blibli mitra, serta peluncuran toko offline pertama Blibli Mart," ujar Kusumo dalam acara Press Conference Virtual Blibli 9th Anniversary: Bagi-Bagi Hepi, Senin (20/7/2020).

Kusumo menambahkan dalam setahun terakhir Blibli juga telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan brand-brand eksklusif serta official online store untuk brand otomotif terkenal di dunia. Hal ini Blibli wujudkan dengan menjadi exclusive e-commerce partnership di Indonesia untuk merchandise film Star Wars.

Blibli juga terus meningkatkan pelayanan pengiriman melalui puluhan warehouse, hub, dan mobile hub di Indonesia agar lebih dekat dengan pelanggan serta berkomitmen tinggi dalam menjaga data para pengguna melalui sertifikasi keamanan data ISO 27001.

"Dalam era digital, keamanan sangatlah penting. Kami berkomitmen tinggi dalam mengelola data pelanggan dan perusahaan hingga mendapatkan sertifikasi keamanan data berstandar internasional ISO 27001," imbuhnya.

Selama pandemi COVID-19, adanya layanan digital Halodoc yang terkoneksi ke aplikasi Blibli menjadi salah satu komitmen Blibli dalam memberikan rasa aman bagi pelanggan selama berada di rumah. Melalui layanan digital, Blibli.com juga menghadirkan layanan terbaru virtual tour sekaligus mendukung industri pariwisata terdampak COVID-19.

"Untuk mendukung industri pariwisata yang terkena imbas besar dari COVID-19, kami menghadirkan inovasi baru virtual tour untuk destinasi wisata lokal dan internasional melalui kerja sama dengan agen pariwisata. Kami juga menghadirkan fitur Blibli Restaurant, berkolaborasi dengan restaurant dan cafe di seluruh Indonesia untuk menghadirkan makanan siap saji favorit pelanggan Blibli," katanya.

Lebih lanjut Kusumo menambahkan untuk mendorong industri UMKM, Blibli juga terus aktif bekerja sama dengan pemerintah dengan mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Menurutnya, inisiatif dalam membantu mitra sellers terutama UMKM menjadi bagian dari tanggung jawab Blibli sebagai Indonesia e-commerce.

"Kami ingin UMKM dapat terus berbisnis baik offline maupun online. Kami yakin ini menjadi momen yang sangat tepat bagi UMKM untuk mengadopsi platform digital, kami tidak akan berdiam diri, kami akan terus mendampingi, kami akan terus menjadi partner bagi teman-teman UMKM," pungkasnya.

Saat ini, Blibli juga mendukung transformasi digital di bidang pendidikan. VP Business Development Blibli.com Cindy Kalensang mengatakan dalam rangka Blibli 9th Anniversary: Bagi-Bagi Hepi, Blibli juga menghadirkan program Bagi-bagi Ilmu berkonsep pendidikan digital. Nantinya, aka nada program CSR yang berkaitan dengan pendidikan bagi anak-anak Indonesia.

"Kita juga akan ada CSR program, kita akan fokus kepada program Bagi-bagi Ilmu yakni pendidikan digital. Pandemic is also impacting education, dan di sini anak-anak atau pelajar harus belajar dari rumah. Nah, kita akan melakukan program-program CSR berkaitan dengan pendidikan tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Menteri Teten Minta E-Commerce Sediakan Laman Khusus Produk UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)