Selama 2019, Penjualan di App Store Tembus Rp 7.264 Triliun

Selama 2019, Penjualan di App Store Tembus Rp 7.264 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 12:58 WIB
App Store
Selama 2019, Penjualan di App Store Tembus Rp 7.264 Triliun (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Apple mempublikasikan laporan Analysis Group yang menyebut jumlah uang yang berputar di App Storenya selama 2019 menembus USD 517 miliar atau sekitar Rp 7.264 triliun.

Pemasukan itu berasal dari pembayaran tagihan dan penjualan baik produk fisik maupun digital. Apple juga mendapat pemasukan sekitar USD 61 miliar, atau 30% dari total pemasukan yang berasal dari penjualan produk digital.

Apple sendiri seringkali dikritisi karena 'pajaknya' yang sangat besar, yaitu 30% untuk setiap penjualan produk digital ataupun pembayaran biaya langganan seperti yang dilakukan oleh Spotify.

Pemasukan dari produk digital ini antara lain berasal dari game, in-app purchases, biaya berlangganan, dan penjualan aplikasi berbayar. Sementara pemasukan dari iklan di dalam aplikasi jumlahnya mencapai USD 45 miliar.

Jika dipecah, penjualan dari software ride-hailing, aplikasi pesan antar makanan, dan peritel seperti Best Buy dan Target tercatat mencapai USD 413 miliar, dan Apple dan mengenakan 'pajak' untuk penjualan yang berasal dari sektor ini.

Sementara penjualan dari aplikasi semacam Expedia ataupun aplikasi pemesanan tiket pesawat mencapai USD 57 miliar, sementara aplikasi ride-hailing semacam Uber dan aplikasi pesan antar makanan menghasilkan USD 40 miliar dan USD 31 miliar.

Namun pemasukan terbesar, menurut Analysis Group, tetap berasal dari sektor ritel seperti peritel besar seperti Walmart dan Target, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (16/6/2020).

"Dari USD 519 miliar pemasukan ekosistem App Store selama 2019, hasil penelitian menemukan kalau penjualan produk fisik dan layanan mempunyai bagian sangat besar, yaitu USD 413 miliar. Di kategori tersebut, aplikasi m-commerce menghasilkan mayoritas penjualan, dan ritel adalah yang terbesar, mencapai USD 268 miliar," tulis Analysis Group dalam laporannya.

Lalu jika dipecah berdasarkan negara, pemasukan dari Amerika Serikat justru tak sampai setengahnya, hanya USD 138 miliar. Sementara pemasukan dari China jumlahnya mencapai USD 246 miliar.

podcast


Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)