Rabu, 19 Feb 2020 06:49 WIB

Gojek Caplok 4,3% Saham Blue Bird Senilai Rp 410 Miliar

Adi Fida Rahman - detikInet
Gojek meresmikan logo barunya yang melambangkan kekuatan ekosistem Gojek sekaligus apresiasi kepada seluruh pengguna dan mitra Gojek. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Founder dan CEO Gojek Nadiem Makarim. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Gojek dikabarkan membeli saham perusahaan taksi terkemuka Tanah Air, Blue Bird sebesar USD 30 juta atau sekitar Rp 410 miliar.

Dilaporkan Bloomberg, perusahan ride hailing yang didirikan Nadiem Makarim itu membeli 4,3% saham Blue Bird dari perusahaan induknya, PT Pusaka Citra Djokosoetono. Baik Gojek maupun Blue Bird belum buka suara soal ini.

Aksi pembelian saham ini sendiri dikaitkan dengan penjualan saham yang dilakukan Pusaka Citra pada 14 Februari silam. Mereka melepas 108 juta saham dengan harga Rp 3.800 per lembarnya.

Hanya saja dalam transaksi itu tidak diungkap identitas pembelinya. Besar kemungkinan sang pembeli adalah Gojek.

Pasalnya sejak setahun lalu kabar Gojek akan menjadi salah satu pemegang saham di Blue Bird sudah sampai di telinga. Namun manajemen kedua perusahaan enggan blak-blakan mengomentari rumor yang beredar.

"Dengan ini kami sampaikan bahwa Blue Bird sebagai perusahaan publik, terbuka untuk kemungkinan bagi pihak-pihak yang berencana untuk membeli saham perusahaan," kata Amelia Nasution Direktur Marketing PT Blue Bird kala itu mengomentari rumor yang beredar,

Gojek dan Blue Bird sendiri memang telah lama berkolaborasi sejak 2017 silam. Dengan pembelian saham ini diharapkan dapat memperkuat bisnis Gojek untuk menghadapi persaingan yang begitu sengit melawan Grab, demikian dilansir dari Bloomberg, Rabu (19/2/2020).



Simak Video "Cegah Mitranya Terinfeksi, Gojek Impor Sendiri 5 Juta Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)