Selasa, 13 Agu 2019 06:21 WIB

Canalys: Oppo Salip Samsung di Pasar Indonesia Q2 2019

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Sejumlah lembaga riset telah merilis data pengapalan smartphone di Indonesia sepanjang kuartal kedua 2019. Paling baru dari Canalys, secara mengagetkan Oppo menyalip posisi Samsung sebagai raja ponsel di Tanah Air.

Oppo memiliki market share 26% dengan pertumbuhan 54% dari periode yang sama tahun lalu. Selisih sedikit, Samsung berada di urutan kedua dengan 24% dengan kenaikan 10% dari tahun lalu.


Xiaomi berada di posisi ketiga dengan market share 19%. Perusahaan besutan Lei Jun itu mengalami penurunan 9% dari tahun lalu.

Peringkat keempat ada Vivo dengan market share 15% dengan pertumbuhan paling signifikan, yakni 62%. Tapi masuknya Realme memberikan kejutan tersendiri.
Canalys: Oppo Salip Samsung di Pasar Ponsel Indonesia di Q2 2019Foto: Canalys
Ya belum lama Realme berkiprah di Indonesia, tapi mereka bisa langsung melesat. Posisi yang sama didapat Realme pada penelitian Counterpoint.

Realme yang tahun sebelumnya belum ada market share-nya, pada kuartal kedua 2019 memiliki pangsa pasar 8% di Indonesia.

Nah, versi Counterpoint ini berbeda dari Canalys. Penguasa pasar Indonesia masih Samsung dengan market share 27%, turun 1% dari tahun sebelumnya. Lalu diikuti Xiaomi dengan 21% naik 2% dari Q2 2018.

Seperti tahun sebelumnya Oppo berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar yang sama 17%. Lalu di posisi keempat ada Vivo dengan market share 9%, naik 3% dari tahun sebelumnya.
Canalys: Oppo Salip Samsung di Pasar Ponsel Indonesia di Q2 2019Foto: internet


Canalys: Oppo Salip Samsung di Pasar Indonesia Q2 2019


Simak Video "Samsung: Konsumen Beli Handphone Nggak Lihat Siapa yang Nomor Satu"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)