Rabu, 03 Jul 2019 13:12 WIB

Donald Trump Melunak, Pendiri Huawei Biasa Saja

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ren Zhengfei. Foto: Reuters Ren Zhengfei. Foto: Reuters
Jakarta - Keputusan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk memperlunak sanksi pada Huawei ternyata disambut biasa saja oleh pendiri perusahaan asal China tersebut.

Dalam wawancara dengan Financial Times, Ren Zhengfei menyatakan tidak akan ada dampak besar bagi Huawei terkait kebijakan baru Trump. Terlebih pihaknya pada saat ini sudah mempersiapkan diri menghadapi era baru di mana pemerintah AS sudah tidak ramah lagi pada mereka.

"Pernyataan Presiden Trump bagus buat perusahaan-perusahaan Amerika. Huawei juga mau untuk meneruskan membeli produk dari perusahaan Amerika," cetus Ren yang dikutip detikiNET dari Reuters.




"Tapi kami tidak melihat banyak imbas dari apa yang sedang kami lakukan. Kami masih akan fokus untuk melakukan pekerjaan kami dengan baik," tambah dia.

Kebijakan baru Trump tersebut sebenarnya juga masih belum jelas. Pihak Gedung Putih menyatakan hanya komponen asal AS yang tersedia secara luas saja yang masih dapat dijual pada Huawei.




Saat ini, baik Huawei maupun para perusahaan asal Negeri Paman Sam masih mencoba menganalisis apa maksud Trump. Google misalnya, belum dapat memastikan apakah Huawei sudah bebas lagi menggunakan sistem operasi Android.

"Kami sedang membicarakannya dengan Departemen Perdagangan untuk memastikan kami benar-benar mematuhi persyaratannya," sebut juru bicara Google yang dikutip detikINET dari CNN.

Huawei juga belum banyak memberi tanggapan. "Kami mendengar komentar presiden AS terkait Huawei dan belum ada komentar lebih lanjut pada saat ini," sebut Huawei.


(fyk/krs)