Rabu, 27 Mar 2019 14:00 WIB

Uber Caplok Saingan Terbesarnya di Timur Tengah

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Uber sukses akuisisi Careem, penyedia jasa ride hailing terbesar di Timut Tengah. Foto: ABC Australia Uber sukses akuisisi Careem, penyedia jasa ride hailing terbesar di Timut Tengah. Foto: ABC Australia
Jakarta - Dara Khosrowshahi, CEO Uber, mengumumkan pihaknya mengakuisisi sesama penyedia jasa ride hailing, Careem, dengan nilai USD 3,1 miliar. Ini merupakan kesepakatan dengan nilai terbesar sepanjang kepemimpinan Dara di Uber.

Walau akan dimiliki sepenuhnya oleh Uber, merk Careem akan tetap berdiri sendiri dan beroperasi secara terpisah. Aplikasinya pun juga bakal dipertahankan. Lebih lanjut, Mudassir Sheikha, turut dipertahankan sebagai CEO Careem, sebagaimana detikINET kutip dari Bloomberg, Rabu (27/3/2019).




Kini, Uber tengah mengurus persetujuan pemerintah dari 15 negara tempat Careem beroperasi. Kegiatan akuisisi ini sendiri merupakan bagian dari persiapan Uber untuk melantai di Bursa pada April mendatang, mengikuti jejak saingannya, Lyft, yang sudah lebih dulu mendaftar IPO.

Lebih lanjut, ini merupakan momen perdana bagi perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat, berhasil mencaplok kompetitornya yang berada di regional berbeda. Sebelumnya, mereka sudah mengalami rentetan kekalahan di sejumlah kawasan tempat sebelumnya ia beroperasi.




Di Asia Tenggara, unit bisnis Uber sudah dibeli oleh Grab. Hal yang sama juga terjadi di China dan Rusia. Secara berurutan, perusahaan yang didirikan oleh Travis Kalanick itu sudah diakuisisi oleh Didi Chuxing dan Yandex.

Satu hal yang patut diperhatikan oleh Uber, bergabungnya dua penyedia jasa ride hailing terbesar di Timur Tengah tentu akan menarik perhatian regulator. Hal ini terkait dengan lebih leluasanya Uber dan Careem untuk meningkatkan tarif kepada konsumen dan tidak bersaingan dalam memberikan bayaran ke pengemudi.



Simak video Gara-gara Uber, Jalan Utama Madrid jadi 'Parkiran Dadakan':

[Gambas:Video 20detik]


Uber Caplok Saingan Terbesarnya di Timur Tengah
(mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed