Kamis, 31 Jan 2019 17:41 WIB

2022, 61% PDB Indonesia akan Terdigitalisasi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - IDC Indonesia memprediksi bahwa pada 2022 mendatang lebih dari 61% PDB Tanah Air akan terdigitalisasi, dengan pertumbuhan yang terjadi di tiap industri.

Salah satu pendorongnya adalah transformasi digital dalam hal penawaran, operasional, dan hubungan ke pelanggan.

Mevira Munindra, Head of Operations IDC Indonesia, memberikan sejumlah contoh nyata di Tanah Air. Dari sisi penawaran, salah satu contohnya adalah lahirnya kartu kredit online.




Sedangkan untuk aspek operasional, dukungan Internet of Things (IoT) dan analisis data pada warung-warung jadi contoh nyata, seperti yang dilakukan oleh startup bernama Warung Pintar. Kemudian, dari sisi hubungan ke pelanggan, menjamurnya chatbot di sejumlah platform jadi wujud nyatanya.

"Ini merupakan contoh-contoh yang kami harapkan akan lebih banyak lagi di Indonesia, yang disrupting, dan mempercepat digitalisasi proses di Indonesia," kata Mevira saat ditemui dalam sebuah kesempatan.



Meski demikian, ada harga yang harus dibayarkan untuk mencapai catatan tersebut. Firma analisis tersebut mengungkapkan bahwa pengeluaran para pelaku industri di sektor teknologi informasi akan mencapai USD 78 miliar, atau sekitar Rp 1.000 triliun, sepanjang 2019-2022.


(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed