Jumat, 01 Jun 2018 18:27 WIB

Uber bakal Kerjasama dengan Waymo?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Spencer Platt/Getty Images Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta - Uber dikabarkan tengah membicarakan kemungkinan kerja sama dengan Waymo, unit mobil otonom Alphabet, alias induk perusahaan Google. Kerja sama seperti apa?

Rupanya, Uber tertarik menggunakan teknologi Waymo di aplikasi ridesharing-nya yang dikonfirmasi langsung oleh CEO Uber Dara Khosrowshahi ketika berbicara di panggung Code Conference belum lama ini,

Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (1/6/2018), menurut Khosrowshahi, hubungan antara Uber dan Waymo sudah membaik setelah sebelumnya berperang di meja hijau terkait pencurian informasi rahasia.

Membaiknya hubungan kedua perusahaan ini dimulai setelah Uber setuju untuk membayar uang damai sebesasr USD 245 juta ke Waymo.

"Kami sedang berdiskusi dengan Waymo. Jika bisa terjadi, itu bagus. Jika pun tidak, kami bisa menerima hal itu juga," ujar Khosrowshahi.

Lebih lanjut, Khosrowshahi menyebutkan kalau Waymo adalah penyedia teknologi yang sangat hebat. Karenanya, bisa mendapatkan teknologi tersebut untuk jaringan Uber adalah hal yang sangat baik. Di sisi lain, Waymo menolak mengomentari pernyataan bos Uber tersebut.

Waymo pun disebut siap untuk melanjutkan rencananya untuk beroperasi tanpa bantuan Uber, yaitu mengembangkan armada mobil yang diklaim sudah bisa beroperasi secara otonom di jalanan publik sejauh 6 juta mil.

Bantuan Uber yang dimaksud di sini adalah jaringan pengguna ponsel pintar yang sudah dimiliki oleh Uber, yang membuat Khosrowshahi bisa sesumbar kalau perusahaan seperti Waymo membutuhkan Uber jika ingin menguasai sektor mobil otonom.

Alih-alih bekerja sama dengan Uber, Waymo malah menggandeng rival Uber, yaitu Lyft, dan berencana merilis layanan ridesharing yang menggunakan mobil otonom. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed