Selasa, 26 Sep 2017 15:35 WIB

Modal Rp 500 Ribu, Bisa Jual Senayan City Rp 5,5 Triliun

Josina - detikInet
Foto: dok. Rumah123.com Foto: dok. Rumah123.com
Jakarta - Salah satu iklan di situs jual beli properti Rumah123.com bikin geger netizen. Pasalnya, dalam iklan tersebut terdapat iklan penjualan salah satu mal terbesar di Indonesia, yakni Mall Senayan City yang dijual senilai 5,5 triliun.

Country Manager Rumah123.com Ignatius Untung, menjelaskan bahwa iklan yang bikin heboh itu merupakan classified ads atau iklan baris yang artinya semua iklan yang ditayangkan merupakan tanggung jawab pemasang iklan.

Modal Rp 500 Ribu, Bisa Jual Senayan City Rp 5,5 TriliunFoto: Istimewa


"Kita (Rumah123.com) posisinya clear, karena iklan baris itu di mana-mana semua kontennya menjadi tanggung jawab pemasang iklan, dan itu sudah jelas tertulis di syarat dan kentuannya. Jadi kita dibebaskan dari tuntutan," kata Untung saat berbincang lewat telepon dengan detikINET, Selasa (26/9/2017)

Modal Rp 500 Ribu, Bisa Jual Senayan City Rp 5,5 TriliunFoto: Dok. Istimewa


Meski demikian, dikatakan Untung, demi menjaga nama baik Rumah123.com, pihaknya akan tetap membantu secara proaktif berperan sebagai mediator di antara Senayan city dengan pemasang iklan.

"Nanti kita akan bertemu dengan pihak Senayan City untuk menjelaskan seperti apa jenis iklan kita dan juga mediasi antara Mall Senayan City dengan pemasang iklan," paparnya lebih lanjut.

Dalam pertemuannya, diakui Untung, pihaknya tidak akan membeberkan identitas pemasang iklan tersebut. Alasannya, meski nama Mall Senayan City dicatut, namun ada hak dan undang-undang perlindungan data konsumen.

Selain itu juga, kata dia, pihak Rumah123.com bisa kena tuntutan hukum jika membuka data tersebut. Data tersebut baru akan dibuka jika ada surat perintah dari kepolisian.

"Jadi pihak Rumah123.com sebagai mediator saja, sebagai penghubung antara keduanya. Ketika pihak Mall Senayan City ingin bertemu dengan pemasang iklan, maka kita akan bertanya dulu apakah bersedia. Jika iya, kita sampaikan," tambahnya.

Diklaim Untung, lebih dari 700 ribu iklan yang tayang di situsnya tersebut. Hal tersebutlah yang menyulitkan pihaknya jika harus mengkonfirmasi satu-satu apakah properti tersebut benar dijual atau tidak, seperti kasus Mall Senayan City ini.

Apalagi, sebelumnya pernah juga ada yang menjual properti lain seperti Hotel dan Rumah Sakit, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bagi pihaknya.

"Sebelumnya, ada juga yang menjual hotel dan rumah sakit, jadi ketika ada iklan Mal Senayan City dijual tidak ada kecurigaan. Tapi karena ini ramai, makanya kita konfirmasi ke berbagai pihak, padahal iklannya sudah tayang dari bulan Agustus kemarin" ujar Untung.


Pasang Iklan Paling Murah Rp 500 Ribu

Ketika ada yang mengiklankan jual properti, dijelaskan Ignatius, penjualan propertinya itu bisa langsung tayang tanpa harus menunggu moderasi dari pihak Rumah123.com.

Namun ditegaskan olehnya, meski sudah tayang, nantinya akan ada tim akurasi jika terbukti tidak ada kecocokan. Misalnya, antara foto dan alamat, maka iklan tersebut otomatis diturunkan.

Lalu, untuk memberikan kenyamanan bertransaksi penjual dan pemberli serta meminimalisir penipuan, pihak Rumah123.com menerapkan semua iklannya dengan skema berbayar. Semua iklan yang dipasangkan di situs itu dipatok tarif paling murah Rp 500.000.

"Dengan berbayar, sebenarnya adalah komitmen kita, jadi tidak ada iklan yang gratis. Karena kalau orang mau menipu harus punya modal jadi harus pikir-pikir lagi," ujarnya.

Selain berbayar, untuk mengurangi resiko penipuan setiap pemasang iklan memiliki catatan reputasi dari produk yang dijual sebelumnya apakah baik atau tidak.

"Bagi yang melanggar, untuk kesalahan ringan akunnya akan di-suspend dalam waktu seminggu. Untuk kelas berat di-suspend selamanya dan masuk blacklist ketika ia ingin mendaftar kembali," pungkasnya. (jsn/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed