AhadPOS, Software Kasir Gratis untuk UKM

AhadPOS, Software Kasir Gratis untuk UKM

ADVERTISEMENT

AhadPOS, Software Kasir Gratis untuk UKM

- detikInet
Kamis, 18 Agu 2011 14:16 WIB
Jakarta - Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mendapatkan dukungan dari komunitas Open Source berupa piranti lunak AhadPOS. Software kasir ini berbasis web, sehingga secara teori bisa digunakan dari PC, tablet maupun smartphone.

AhadPOS, seperti disampaikan dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (18/8/2011), bisa didapatkan secara bebas tanpa biaya melalui lisensi GPL.

Piranti lunak ini adalah garapan RimbaLinux dan versi terbarunya mulai tersedia secara resmi bagi publik bertepatan dengan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66.

Harry Sufehmi, pimpinan proyek RimbaLinux, mengatakan pihaknya sengaja membuat piranti lunak untuk sektor UKM. Sektor ini dinilai memiliki peran penting bagi kesehatan perekonomian negara.

Masalahnya, sebut Harry, UKM yang bergerak di bidang retail sering memiliki masalah di kontrol stok. Padahal kontrol stok alias inventory control sangat berguna untuk cashflow dan kesehatan usaha jangka panjang.

AhadPOS yang dirilis bertepatan dengan HUT RI ke-66 adalah versi 'Minangkabau' alias AhadPOS 1.2.0. Selain itu tersedia AhadPOS VM yang sifatnya instan dengan memanfaatkan Virtual Machine.

AhadPOS saat ini telah digunakan di beberapa lokasi di Indonesia, termasuk di jaringan peritel AhadMart. Informasi lebih lanjut soal piranti lunak ini bisa didapatkan di situs ahadpos.com.


(wsh/wsh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT