3 Tips Keuangan yang Penting dalam Bikin Bisnis Kecil-kecilan!

3 Tips Keuangan yang Penting dalam Bikin Bisnis Kecil-kecilan!

Advertorial - detikInet
Jumat, 20 Mei 2022 00:00 WIB
Smartfren
Foto: Smartfren
Jakarta - Memulai bisnis kecil-kecilan datang dengan berbagai keuntungan dan tantangan tersendiri. Banyak yang memulai bisnis demi penghasilan tambahan, dan itu pun sah-sah saja.

Namun untuk itu, kamu perlu tahu hal-hal basic dalam mengelola manajemen keuangan demi kelancaran bisnis kamu.

Banyaknya teknologi di luar sana dapat memaksimalkan lancarnya bisnis kamu. Ingin tahu lebih banyak cara kelola keuangan dari pembayaran vendor hingga penghasilan bersih kamu? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Pisahkan Uang Pribadi dengan Uang Hasil Bisnis

Ini merupakan langkah paling mudah nan susah. Sebab, jika kamu tidak bisa memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis, malah jadi bingung. Walau masih pemula, kamu tetap harus berkomitmen dalam berbisnis.

Cara paling mudah adalah membuat dua rekening berbeda, sehingga memudahkan untuk mengatur cashflow bisnis dan personal!

2. Rencanakan Budget Bisnismu

Buatlah perencanaan budget secara menyeluruh untuk bisnis kamu. Baik itu bisnis makanan hingga online, budget plan yang baik sangatlah penting.

Hal ini supaya kamu dapat mengukur milestone kinerja dan efisiensi dengan uang yang ada saat ini. Rencanakan budget plan bisa secara harian hingga tahunan, supaya dapat dikontrol.

3. Bayar Tepat Waktu

Hal yang paling penting adalah membayar segala hal dengan tepat waktu. Jika kamu punya tagihan yang berhubungan dengan bisnis seperti pengiriman hingga pekerja yang membantu proses bisnismu, segera urus secepat mungkin. Salah satu cara mudahnya adalah dengan menggunakan internet atau mobile banking yang aktif setiap saat.

SmartfrenFoto: Smartfren

Peran smartphone pun menjadi penting, karena dengan koneksi internet kamu bisa melakukan semua hal di atas hanya lewat genggaman tangan. Tapi terkadang data internet yang tidak maksimal membuat bisnis menjadi tertunda dan terpaksa mengalami hambatan. Karenanya, internet yang dipakai juga harus dapat menunjang kelancaran bisnis kamu.

Sebagai pelopor dengan internet unlimited terbaik, smartfren kini hadir dengan smartfren Unlimited Nonstop. Kamu akan mendapatkan kuota sebesar 6 GB dan tambahan bonus kuota lokal hingga 6 GB yang berlaku hingga 30 hari hanya dengan Rp 30 ribu-an saja.

Menariknya, dengan smartfren Unlimited Nonstop kamu bisa internetan kapan saja selama 24 jam di semua aplikasi, dan gratis nelpon ke sesama smartfren!

Kamu nggak perlu cemas saat kuota habis. Pasalnya, kamu masih bisa menikmati akses internet unlimited untuk chatting dan transfer bank online. Kamu juga nggak perlu khawatir pulsa kepotong kalau pulsa kamu habis, karena smartfren Unlimited Nonstop anti potong pulsa. Internetan jadi #UnlimitedBebasWorry, menarik bukan?

Kamu bisa membeli smartfren Unlimited Nonstop di sini melalui gerai terdekat, Galeri Smartfren, Smartfren Official Store di e-commerce, aplikasi MySF, atau tekan *123# di ponselmu.

Untuk informasi menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi Instagram @smartfrenworld, YouTube Smartfren atau mengunjungi www.smartfren.com. (adv/adv)