http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Review Produk

New Andromax Tab 7.0: Tampang Sama, Performa Beda!

Ardhi Suryadhi - detikinet
Jumat, 23/11/2012 16:07 WIB
New Andromax Tab 7.0: Tampang Sama, Performa Beda! Andromax Tab 7.0 (foto: Sasha/detikINET)
Jakarta - Smartfren melakukan penyegaran terhadap tablet PC andalannya, Andromax Tab 7.0. Tampilan dan nama boleh sama, cuma ditambah embel-embel 'new', namun urusan performa dipastikan berbeda.

Memang, penyegaran yang dilakukan Smartfren tidak untuk urusan facelift alias mengganti tampang. Namun dari sisi fitur dan jeroan di dapur pacunya yang dilakukan upgrade.

Alhasil, mungkin sebagian pengguna tak akan menyadari jika Andromax Tab sudah dilakukan penyegaran, toh tampilannya sama persis dengan versi sebelumnya.

Desain

Sisi desain tak ada perubahan berarti yang dilakukan Smartfren. Tablet PC dengan bentang layar 7 inch ini masih dibungkus dengan casing berbahan plastik dan bagian punggung dipercantik dengan lapisan bergradasi.

Gradasi di bagian belakang casing itu tentu saja tak sekadar pemanis. Ia cukup ampuh agar genggaman tangan pengguna lebih mantap, tidak licin saat mendekap perangkat tersebut.

Lubang speaker juga ditempatkan di bagian atas belakang casing. Ada dua lubang speaker yang disematkan. Kualitasnya? Terbilang standar tanpa ada unsur bass yang nendang.

Di sampingnya disematkan kamera dengan kemampuan 3 megapixel. Inilah salah satu fitur yang ditingkatkan pada New Andromax Tab 7.0, sebab versi terdahulu hanya mengusung 2 megapixel.





Saat dijajal detikINET, kualitas hasil jepretan di kamera tersebut memang tak lantas langsung melonjak drastis. Pun demikian, ada sedikit perbaikan hasil dari foto yang diambil dari upgrade ini. Namun jangan berharap kualitas yang mumpuni saat dalam kondisi gelap atau minim cahaya.

Pada sisi depan, jarak antara display dengan pinggir layar (bezel) masih terbentang cukup lebar. Sehingga menimbulkan kesan tebal dari perangkat yang dibanderol Rp 1,6 jutaan tersebut.

Kamera 2 megapixel masih diandalkan Smartfren di bagian depan New Andromax Tab 7.0. Tak ada tombol fisik di bagian muka perangkat ini, hanya ikon sentuh di sisi kiri bawah. Tombol fisik disematkan di sisi-sisinya. Seperti power dan volume di sisi atas, bersanding dengan colokan headset.

Adapun sisi bawah diisi oleh rangkaian lobang reset, SD card, RUIM, mini HDMI, micro USB, dan DC In.





Performa

Nah, jika tampilan yang harusnya bisa menjadi sarana untuk memanjakan mata tak ada perubahan berarti dari New Andromax Tab 7.0. Lain halnya untuk urusan performa. Hal ini lantaran perangkat yang mengusung OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich tersebut sudah dikatrol untuk urusan dapur pacu.

Untuk prosesor, New Andromax Tab 7.0 sudah mengusung ARM Cortex A9 dengan kekuatan 1 GHz. Ini sudah di-upgrade dari versi sebelumnya yang masih dibenamkan ARM Cortec A8.

Sedikit banyak perbedaan pada 'otak' yang disematkan cukup berpengaruh untuk urusan komputasi. Terutama soal kecepatan perpindahan antar tampilan dan aplikasi. Dengan versi baru ini terasa lebih smooth.

Ditambah dengan kehadiran GPU Mali 400 sehingga mampu mengangkat kualitas gambar yang lebih baik. Nah, faktor ini berpengaruh jika pengguna ingin menghabiskan waktu untuk ngegame. Termasuk untuk menikmati video, rasanya cukup bisa diakomodir dengan layar TFT LED dengan resolusi 1024x600 di perangkat ini.

Upgrade fitur di perangkat ini juga menyentuh bagian internal storage, dimana telah diperbesar menjadi 8 GB dari sebelumnya cuma dikasih 4 GB.

Fungsionalitas lain dari Andromax Tab 7.0 adalah user bisa menjadi hotspot berjalan. Maksudnya bisa menyulap perangkatnya jadi fasilitas WiFi Tethering hingga lima pengguna sekaligus yang terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Anda pun bisa mensetting akses WiFi Tethering ini, mau dibebaskan (open) atau membatasinya dengan disertai password. Jadi pengguna di sekitar Anda tak bisa bebas mengambil koneksi internet tersebut.

Intinya, perangkat ini cukup asyik untuk diajak 'bermain'. Kekuatan baterainya pun cukup mumpuni. Bagian ini juga termasuk yang diupgrade. Dari sebelumnya berkekuatan 3.000 mAh menjadi 4.000 mAh. Sehingga waktu bermainnya pun jadi lebih lama, bisa sampai 6-8 jam tergantung penggunaan.

Hanya saja, hawa panas di bagian punggung Andromax Tab 7.0 sedikit terasa ketika waktu bermain sudah cukup lama.

DetikINET pun turut melakukan pengujian dengan aplikasi benchmark Quadrant Standart dan Antutu. Dimana hasilnya mencatat 3110 saat dites dengan aplikasi benchmark Antutu. Sedangkan ketika dijajal dengan Quadrant Standart, angka yang diraih adalah 1513.

Sementara aplikasi bawaan di Andromax Tab 7.0 sama seperti versi terdahulu. Pengguna sudah ditawari dengan pilihan Smartfren Store, Uangku, Customer Information Smartfren, Gudang Musik dan lainnya.





Spesifikasi:


CDMA2000-1X EVDO Rev A (3.5G) 800/1900Mhz
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
1Ghz Processor Cortex ARM A9
1024 MB RAM
7 inch TFT LED (1024 x 600)
Micro SD slot, up to 32GB
Capacitive Multi Touch Screen
Internal Storage 8GB
Hi-Capacity Lithium Polymer Battery 4000mAh
Wi-Fi Hotspot Capability
Video Call Capability
Dual Camera : Back 3 MP & Front 2 MP
Google Apps
Built in GPS
Google Play Store
Bluetooth 2.1
RUIM enabled
Mini – HDMI enabled
Micro USB port 2.0
USB OTG enabled



(ash/fyk)


Baca Juga



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close