Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin HP Meledak

Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin HP Meledak

ADVERTISEMENT

Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin HP Meledak

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 25 Nov 2022 20:30 WIB
ilustrasi api, ilustrasi kebakaran
Hal yang bisa membuat HP meledak, jangan dijadikan kebiasaan ya, detikers! Foto: Getty Images/iStockphoto/OlgaMiltsova
Jakarta -

Bagaimana kita merawat HP yang kita miliki bisa menentukan seberapa lama perangkat kita bertahan. Kebiasaan kita memperlakukan HP juga berpengaruh pada keamanan saat memakai ponsel kita.

Ada beberapa kasus di mana HP mendadak meledak, sehingga menimbulkan rasa takut pada sebagian orang. Namun, bukan cuma masalah dari pabrik, bagaimana kita merawat HP pun harus diperhatikan.

Mengutip PCMag, Jumat (25/11/2022) 4 kebiasaan ini bisa membuat ancaman HP meledak dan menimbulkan percikan api. Jangan sampai kamu lakukan, ya!

1. Tidak pakai charger yang sesuai

Tegangan yang dibutuhkan untuk mengisi daya HP berbeda-beda, karena itu disarankan untuk memakai charger dari pabrikan ponsel. Jika kamu memakai Samsung, pakai charger dari Samsung. Kalau kamu memakai iPhone, gunakan charger resmi dari Apple Store, detikers.

Jangan juga melakukan 'mix & match' kabel charger dan kepalanya karena watt-nya bisa berbeda-beda. Risikonya, baterai HP lama-lama bisa rusak.

2. Pakai kabel yang sudah tak layak

Punya charger, kabelnya harus dirawat dengan baik. Kabel yang rusak bisa menyebabkan HP terbakar dan meledak.

3. Menutupi HP saat di-cas

Meski terdengar konyol, menutup HP ketika sedang di-cas (misalnya dengan selimut atau ditaruh di bawah bantal) bisa menyebabkan HP overheat. HP yang kelewat panas bisa berbahaya, bisa menimbulkan HP meledak dan mengeluarkan api.

4. Membawa HP ke suhu yang ekstrem

Sekarang sudah tahu kan kalau HP musuhnya adalah cuaca panas. Tapi bagaimana dengan cuaca dingin? Pada dasarnya HP optimal di suhu 0-35 derajat Celsius. Kalau sering memaparkan HP dengan suhu ekstrem, baterai ponsel bisa rusak dan menimbulkan bahaya jangka panjang.



Simak Video "KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT