Ini Tips Memilih Charger yang Aman dan Tidak Meledak

Ini Tips Memilih Charger yang Aman dan Tidak Meledak

ADVERTISEMENT

Ini Tips Memilih Charger yang Aman dan Tidak Meledak

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 05 Agu 2022 13:15 WIB
Group of smartphones charging on the glass table with sharing the same AC plug
Ilustrasi charger HP. Foto: iStock
Jakarta -

Charger non orisinal yang tak berkualitas bisa jadi salah satu penyebab HP meledak, terutama jika dikombinasikan baterai yang kondisinya tak bagus, atau bahkan juga tak asli.

Namun bukan berarti charger yang bukan buatan pabrik pembuat HP menjadi jelek. Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, ada banyak charger HP buatan pihak ketiga yang layak dipakai.

"Sebenarnya charger tidak harus ori, asal chargernya tidak abal-abal. Banyak charger bagus di online store, seperti Anker, Aukey, Baseus, Usams, dll," jelas Lucky saat dihubungi detikINET.

Namun ia mengingatkan, meski berkualitas bagus, pemilihan charger itu juga sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan charger bawaan HP. Lucky memberikan sejumlah tips untuk memilih charger yang berkualitas untuk HP.

Berikut tips memilih charger HP yang berkualitas:

1. Beli charger ori di tempat resmi
Menurut Lucky, karena banyak tiruannya, jika mau membeli charger ori sebaiknya datang ke tempat resmi. Bisa service center resmi atau bisa juga di toko resmi brand pembuat HP-nya.

"Kalau mau charger ori (kepala dan kabel), yang pasti asli, bukan tiruan, harganya sesuai, belilah di service center resmi brand. Bedanya memang kita hanya akan mendapat chargernya saja, tidak dalam dus kemasan. Barang ori yang menggunakan dus kemasan, biasanya dijual di toko official brand, tapi harganya lebih tinggi," jelasnya.

2. Brand pihak ketiga jarang dipalsukan
Berbeda dengan charger ori, charger buatan pihak ketiga menurut Lucky jarang dipalsukan. Untuk memilihnya, pastikan beli di toko resmi di marketplace. Namun sesuaikan juga dengan spesifikasi charger bawaan HP.

"Barang yang dijualnya diberikan garansi. Mereknya memang bermacam-macam, tapi bisa dilihat dari jumlah unit terjual dan testimoni pembeli. Bisa dipilih sesuai spesifikasi dengan charger asli atau yg lebih baik dari charger asli," jelas pria asal Bandung tersebut.

3. Ada fitur fast charging? Pakai yang ori saja
Tiap pabrikan HP punya standar pengisian cepatnya sendiri-sendiri. Untuk kasus ini, Lucky menyarankan untuk memakai charger dan kabel ori saja agar bisa berjalan dengan optimal.

Untuk fitur khusus seperti charging super cepat yang berbeda-beda teknologinya dari setiap brand, saya sarankan kalau fitur ini dibutuhkan untuk jalan optimal, belilah yang ori saja, termasuk kabelnya, karena kabelnya juga jadi bagian dalam fitur ini. Bukan berarti brand pihak ketiga tidak bisa menjalankan fitur ini, ada juga yang cocok, tapi terkadang harus trial dan error, atau pastikan kalau ada reviewnya.

4. Hati-hati dengan harga yang terlalu murah
Harus diakui, harga yang murah pasti jadi hal yang sangat menarik. Tapi anda perlu berhati-hati jika menemukan charger dengan spesifikasi tinggi namun harganya yang terlalu murah.

"Hindari brand atau merek charger yang menjual dengan harga terlalu miring, selain ketika sedang ada cuci gudang atau promo khusus, karena rata-rata charger pihak ketiga itu cukup dekat-dekat harganya untuk watt yang sama. Misalnya charger 25w brand A harga Rp 100 ribu, brand B mungkin 125 ribu. Tapi hati-hati dengan brand C yg menjual dengan harga Rp 30 ribu," tutup Lucky.

Tonton juga video 'KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT