Cara Backup dan Restore Chat, Foto, Video WhatsApp di Google Drive

Cara Backup dan Restore Chat, Foto, Video WhatsApp di Google Drive

ADVERTISEMENT

Cara Backup dan Restore Chat, Foto, Video WhatsApp di Google Drive

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 24 Nov 2022 10:45 WIB
WhatsApp
Ternyata cara backup WhatsApp di Google Drive itu gampang banget lho. Nah, kalau kalian belum mengetahuinya, pembahasan kali ini patut untuk disimak. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Detikers udah tahu belum sih? Ternyata cara backup WhatsApp di Google Drive itu gampang banget lho. Nah, kalau kalian belum mengetahuinya, pembahasan kali ini patut untuk disimak.

Sebelumnya perlu diketahui, meskipun dirasa sepele, kenyataannya mencadangkan file aplikasi chat besutan Meta ini sangat diperlukan lho. Tujuannya sendiri tak lain agar sewaktu-waktu ganti ponsel, seluruh data WhatsApp tidak hilang dan bisa digunakan kembali di perangkat baru.

Hanya saja, sebagian orang sepertinya masih ada yang belum melakukannya, atau bahkan memang tidak memanfaatkan fitur tersebut. Terus kalau ada yang penasaran dan bertanya "Lalu gimana caranya?" Nah penjelasan berikut mungkin dapat memberikan jawaban yang memuaskan.

Berdasarkan hasil pantauan detikINET dari situs WhatsApp, setidaknya ada beberapa langkah yang bisa diikuti. Supaya tidak kelamaan, berikut cara backup WhatsApp di Google Drive.

Cara Backup WhatsApp di Google Drive

Namun pastikan bahwa detikers memiliki akun Google pribadi dan aktif pastinya. Kemudian jangan sampai lupa, agar mengosongkan atau setidaknya menyediakan ruang penyimpanan yang lapang dan cukup, untuk menaruh data WhatsApp.

  1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan
  3. Masuk ke Chat
  4. Kemudian Cadangkan Chat
  5. Lalu cukup pilih Cadangkan ke Google Drive
  6. Selanjutnya pilih frekuensi cadangan selain Jangan Pernah
  7. Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat. Jika belum memiliki akun, bisa pilih opsi Tambahkan Akun
  8. Ketuk Cadangkan melalui, untuk memilih jaringan yang ingin digunakan untuk melakukan pencadangan.

Cara Restore WhatsApp dari Google Drive

Setelah mengetahui cara backup WhatsApp di Google Drive, langkah selanjutnya memahami soal restore. Hal ini berguna untuk memasukkan data yang sudah detikers backup dan pindah di ponsel baru.

  1. Sesaat setelah install WhatsApp
  2. Langsung masuk ke dalam aplikasinya, dan verifikasi nomor
  3. Klik Restore untuk memulihkan data yang ingin detikers cadangkan dari Google Drive
  4. Setelah selesai, secara otomatis chat akan menampilkan data-data WhatsApp di ponsel sebelumnya.

Kurang lebih begitu cara backup dan restore WhatsApp di Google Drive. Semoga informasinya bermanfaat dan kalau ada yang ingin ditambahkan, silahkan sampaikan di kolom komentar ya detikers.



Simak Video "WhatsApp Down, Netizen Ramai-ramai Mengeluh"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT