WhatsApp Rilis Fitur Direktori Bisnis di Indonesia, Apa Itu?

WhatsApp Rilis Fitur Direktori Bisnis di Indonesia, Apa Itu?

ADVERTISEMENT

WhatsApp Rilis Fitur Direktori Bisnis di Indonesia, Apa Itu?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 19 Nov 2022 22:00 WIB
WhatsApp luncurkan fitur Direktori Bisnis
WhatsApp Rilis Fitur Direktori Bisnis di Indonesia, Apa Itu? Foto: Dok. WhatsApp
Jakarta -

WhatsApp baru saja merilis fitur barunya bernama Direktori Bisnis. Fitur ini sudah tersedia di lima negara yaitu Brasil, Inggris, Indonesia, Meksiko, dan Kolombia.

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa menelusuri daftar bisnis yang ada berdasarkan kategori seperti travel, bank, atau shopping, atau bisa juga dengan mencari nama bisnis secara langsung menggunakan bilah pencarian yang ada. Kurang lebih cara kerjanya mirip seperti buku telepon Yellow Pages yang populer zaman dulu.

"Dengan ini pengguna tidak harus mencari nomor telepon di situs web atau mencarinya di daftar kontak mereka," kata Meta dalam keterangan resminya, seperti dikutip detikINET, Sabtu (19/11/2022).

Bisnis yang sudah mendaftar lewat WhatsApp Business Platform di lima negara tersebut akan muncul di direktori bisnis, jadi hanya perusahaan dan organisasi yang terverifikasi WhatsApp yang bisa tampil di daftar ini. Sementara itu di Brasil, direktori ini juga akan menampilkan daftar usaha kecil.

Peluncuran fitur Direktori Bisnis ini mengikuti uji coba terbatas yang dilakukan WhatsApp di Sao Paulo, Brasil tahun lalu. Fitur ini hanya tersedia di Android untuk pengguna WhatsApp di Brasil, tapi di negara lainnya tersedia untuk Android dan iOS.

Untuk mencari bisnis yang ingin dihubungi, caranya sangat mudah. Pertama, ketuk tombol New Chat yang ada di sudut kanan bawah lalu pilih opsi Business di daftar kontak.

Setelah itu ketik nama bisnis yang ingin dicari di bilah pencarian, atau telusuri berdasarkan pilihan kategori yang tersedia. Setelah itu cukup klik akun bisnis yang ingin dihubungi lalu ketik pesan yang ingin dikirimkan.



Fitur ini diluncurkan di saat WhatsApp makin gencar menyasar bisnis dan UKM. Hingga Oktober 2020, Meta selaku induk WhatsApp mengatakan lebih dari 175 juta orang di seluruh dunia menggunakan WhatsApp untuk menghubungi akun bisnis setiap harinya.

WhatsApp juga meluncurkan fitur lainnya yang memudahkan pengguna berbelanja langsung lewat chat, salah satunya fitur katalog dan shopping carts. WhatsApp juga sedang menguji coba fitur pembayaran langsung dari chat di Brasil menggandeng beberapa mitra pembayaran.



Simak Video "Fitur Baru di WhatsApp Ini Mudahkan Pengguna Kirim Chat Rahasia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT