10 Trik Foto Jalanan Kece Pakai HP

10 Trik Foto Jalanan Kece Pakai HP

ADVERTISEMENT

10 Trik Foto Jalanan Kece Pakai HP

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 17 Nov 2022 11:15 WIB
Galaxy A53
Galaxy A53. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Dengan spesifikasi yang makin mumpuni, kamera handphone kian dapat diandalkan untuk menangkap beragam momen. Tak hanya memotret portrait, dapat pula dipakai untuk foto jalanan atau street photography.

Hal ini diakui oleh Fotografer dan content creator Putri Anindya. Menurutnya Kepraktisan ponsel makin memudahkan dalam mendokumentasikan kehidupan sehari-hari.

"Saya biasanya bawa tas sampai 12 kilo, isinya bodi kamera dan lensa. Smartphone selalu ada di kita, praktis untuk dibawa, bisa langsung motret dan di-share. " ujar perempuan yang kerap disapa Puan, Workshop Urban & Lighting Photography with Galaxy A53.

Puan pun memberikan trik agar bisa menghasilkan street photography kece menggunakan ponsel.

10 Trik Foto Jalanan Kece Pakai HP

1. Leading Line

Menurut Puan, leading line paling mudah dibuat. Tidak harus foto jalan atau bayangan, apapun bisa dibuat garis menjadi menarik bisa dijadikan subjek foto.

2. Look Down and Look Up

Biasanya kita memotret dari angle mata, disarankan untuk melihat atas maupun bawah. "Mungkin banyak yang terlihat biasa saja saat dipandang dari angle mata, ternyata melihat ke atas atau bawah malah lebih menarik," ujar Puan.

3. Look for the Light

Cahaya sangat penting saat mengambil foto. Bila sebelumnya backlight kerap dihindari, berkat kecanggihan kamera HP malah bisa menjadi subjek foto menarik.

4. Framing Your Subject

Cari frame yang dapat mengelilingi subjek yang hendak difoto sehingga hasil jepretan lebih menarik lagi. Mulai dari pohon hingga kaca spion bisa dijadikan frame.

5. Look for Reflection

Genangan yang ada di jalanan dapat dimanfaatkan untuk bikin menarik subjek foto. "Kita bisa membalik posisi kamera sehingga memperjelas," kata Puan.

6. Low down perspective

Menurut Puan, angle dari bawah kerap bikin foto berbeda. Dengan kamera HP akan memudahkan pengambilan foto dari angle bawah.

7. Play with scale and negative space

Dulu negative space dihindari, namun kini diminati, terutama untuk foto minimalis. "Negative space bikin foto lebih artistik," kata Puan.

8. Sense of Place

"Kita mencari sesuatu yang bikin kita tahu lokasi foto tersebut. Bisa bentuk tulisan maupun landmark, misalnya plat B berarti Jakarta," terang Puan.

9. Portrait of Strangers

Memotret orang menarik saat di jalan secara candid bisa jadi objek menarik. Tidak harus menampakkan wajah subjek foto, siluet tubuh pun bisa.

Tapi terkadang masalah privasi menjadi ketakutan untuk memotret ini. Namun, kata Puan, selagi di public space sah-sah saja memotret orang-orang.

"Sepengetahuan saya hukumnya, kalau motret orang di public space itu tidak apa-apa. Kadang saya foto dulu baru minta izin, kemudian motret lagi. Kalau berkeberatan ya sudah, tidak usah diposting," saran Puan.

10. Asking Someone to Pose

Beberapa foto makin menarik jika terdapat sosok manusia di dalamnya. Jadi jangan ragu meminta teman atau orang yang ada di sekitar untuk berpose.



Simak Video "Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT