10 Trik iPhone Bikin Segalanya Lebih Mudah

10 Trik iPhone Bikin Segalanya Lebih Mudah

ADVERTISEMENT

10 Trik iPhone Bikin Segalanya Lebih Mudah

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 15 Nov 2022 09:46 WIB
Imbas Kebijakan COVID yang Ketat di China, Apple Akan Memindahkan Produksi iPhone ke India
Trik iPhone Bikin Segalanya Lebih Mudah. Foto: ABC Australia
Jakarta -

iPhone memiliki banyak fitur yang sayangnya kerap tersembunyi sehingga jarang digunakan. Padahal fitur tersebut sejatinya bisa memudahkan pengguna menggarap tugas.

Berikut ini sejumlah trik di iPhone yang bisa digunakan untuk membuat segalanya lebih mudah dari sebelumnya.

1. Caps Lock

Jika ingin mengisi form dengan huruf capital semua, tentu repot selaku menekan tombol shift. Agar keyboard berubah menjadi tombol Caps Lock, cukup tekan dua kali pada tombol Shift.

2. Scan Dokumen

Pernahkah harus mengirimkan dokumen dalam bentuk digital namun tidak menemukan alat scanner? Pakai saja iPhone kamu. Cukup buka aplikasi Notes, lalu tekan ikon membuat note baru di sudut kiri bawah.

Selanjutnya tekan ikon + diikuti simbol kamera. Pilih opsi Scan Document. Arahkan kamera pada kertas dokumen yang ingin di-scan.

Pastikan warna kuning di layar menyorot dokumen. Ketik tombol shutter, seketika iPhone akan melakukan pemindaian.

3. Menandatangani Dokumen

Perlu menandatangi dokumen digital? Manfaatkan aplikasi Files. Caranya download dokumen ke Files.

Setelah terunduh, buka dokumen tersebut. Klik logo pencil atau Markup di bagian kanan atas, lalu klik ikon +.

Selanjutnya pilih opsi Signature. Bikin tanda tangan dengan jari, klik Done dan tanda tangan akan menempel pada dokumen. Atur posisinya agar letaknya tepat.

4. Tombol Backspace di Kalkulator

iPhone memiliki aplikasi Kalkulator bawaan. Tapi aplikasi tersebut tidak menyertakan tombol backspace sehingga membuat pengguna bingung bila ingin menghapus angka bila terjadi kesalahan tekan.

Cara menghapus angka yang salah tekan hanya tinggal men-swipe ke kiri area angka saja. Seketika angka terakhir yang tampil akan terhapus.

5. Kaca Pembesar

Pernahkan menemukan teks berukuran kecil sehingga sulit terbaca mata. Gunakan iPhone sebagai kaca pembesar sehingga bantu membaca teks ukuran kecil.

Kamu hanya perlu buka Pengaturan utama iPhone, lalu klik Aksesibilitas. Ketuk Magnifier, lalu aktifkan. Selanjutnya tinggal membuka aplikasi Magnifier atau pembesar, lalu arahkan objek ke kamera ponsel.

6. Trackpad

Kamu dapat mengubah iPhone menjadi trackpad asalkan memiliki iOS 12 atau yang lebih baru. Mulailah mengetik email atau pesan teks, lalu tekan dan tahan jari pada bilah spasi di keyboard iPhone. Seketika area keyboard menjadi layaknya trackpad, kamu bisa mengarahkan kursor sesuai keinginan.

7. Kecerahan Senter

Kita bisa mengatur kecerahan cahaya pada fitur senter di iPhone. Caranya swipe kanan atas layar, tekan agak lama ikon senter.

Lalu gerakan ke atas dan bawah untuk menyesuaikan tingkat kecerahan cahaya senter.

8. Melacak Langkah

iPhone dapat secara otomatis melacak langkah, seperti yang dilakukan smartband. Buka aplikasi Kesehatan yang terpasang di iPhone untuk melihat berapa banyak langkah yang telah reakm ponsel setiap hari.

9. Melempar Koin

Perlu lepar koin tapi tidak membawa uang cash? iPhone bisa menjadi pengganti. Cukup katakan pada asisten virtual Apple,, "Hei, Siri, lempar koin!" Dia kemudian akan memberi Anda hasil lemparan koin virtual.

10. Meluncurkan Aplikasi dengan Cepat

Banyak aplikasi terkadang bingung mencari yang hendak digunakan. Bila begitu, cukup tekan ikon search di bagian bawah layar. Atau tarik layar dari atas ke bawah hingga tampil bar pencarian. Ketik aplikasi yang ingin dibuka.

[Gambas:Youtube]



(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT