Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis

Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis

ADVERTISEMENT

Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis

Dhea Alvionita - detikInet
Jumat, 11 Nov 2022 18:13 WIB
Wappin WhatsApp Business Platform
Yuk belaja cara buat akun Whatsapp bisnis (Foto: Dok. Wappin)
Jakarta -

WhatsApp dapat digunakan sebagai salah satu aplikasi yang mendukung komunikasi bagi para pelaku usaha. Apalagi WhatsApp telah menjadi aplikasi yang mendukung kegiatan bisnis online.

Sesuai namanya, WhatsApp bisnis adalah aplikasi layanan pesan yang dikhususkan untuk para pelaku usaha. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2018 ini juga buah hasil dari besutan Facebook.

Melansir dari laman resmi WhatsApp, aplikasi tersebut telah digunakan oleh lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia. Aplikasi bisnis tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa memudahkan para pelaku usaha ketika berinteraksi dengan pelanggannya.

Oleh karena itu, jika kalian adalah para pelaku bisnis maka kalian wajib membuat akun WhatsApp Bisnis. Mau tahu? Yuk simak penjelasannya pada artikel ini!

Cara membuat akun WhatsApp bisnis

Cara buat akun WhatsApp bisnis berbeda dengan WhatsApp biasanya. Dilansir dari Facebook, begini cara mudah yang bisa kalian ikuti untuk membuat akun WhatsApp bisnis. Ini caranya:

1. Buka aplikasi WhatsApp Bisnis. Jika kalian belum memilikinya, unduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS

2. Kemudian, buka pengaturan bisnis yang tersedia pada bagian akun WhatsApp bisnis

3. Lalu, klik 'Tambahkan'

4. Klik 'Buka Akun WhatsApp'

5. Pada bagian tersebut, lakukan langkah berikut:

  • Nama akun: Masukkan nama akun WhatsApp bisnis kalian.
  • Kirim pesan untuk: Kalian bisa memilih apakah ingin membuat akun untuk klien atau diri sendiri.Jika untuk klien maka kalian perlu memasukkan ID Pengelola Bisnis klien yang bisa ditemukan di 'Pengaturan Pengelola Bisnis Klien'. Namun jika untuk diri sendiri, maka pilih 'akun pengelola bisnis Anda sendiri'.
  • Zona Waktu: Kalian bisa memilih zona waktu lokasi bisnis yang dimiliki.
  • Mata Uang: Pilih mata uang lokal untuk bisnis yang cocok dengan mata uang yang akan digunakan untuk membayar invoice.
  • Metode pembayaran (Opsional): Pilih metode pembayaran untuk iklan. Jika kalian belum memiliki lini kredit pembayaran maka kalian bisa menyimpannya terlebih dahulu.
  • Nomor P.O. (Opsional): Masukkan nomor pesanan pembelian (P.O.) yang muncul di invoice Anda.
  • Kemudian, klik 'Selesai'.

6. Selanjutnya, di bagian Tambahkan Orang dan Atur Izin:

  • Cari orang yang ingin kalian tambahkan ke akun dan pilih orang tersebut dari daftar.
  • Pilih level izin untuk ditetapkan kepada setiap orang. Kalian bisa memilih:
  • Akses parsial untuk mengizinkan orang mengelola nomor telepon dan template pesan.
  • Kontrol penuh untuk mengizinkan orang mengelola Akun WhatsApp.

7. Terakhir, klik 'Terapkan'

8. Selesai

Maka secara otomatis, akun WhatsApp bisnis sudah berhasil dibuat. Demi kenyamanan penggunanya, sebelum digunakan nantinya akun tersebut akan dikirimkan ke tim WhatsApp bisnis untuk ditinjau lebih lanjut. Jika ditemukan masalah, kalian akan mendapatkan notifikasi. Selain itu, kalian juga bisa memeriksa status akun tersebut di halaman pengaturan kapan saja.

Meskipun status akun kalian masih menunggu persetujuan dari pihak WhatsApp Business, kalian tetap bisa mengakses pengelolaan WhatsApp untuk mengelola akun bisnis. Setelah status akun telah disetujui, maka kalian bisa menambahkan nomor telepon untuk bisa berkirim pesan.

Sebagai informasi tambahan, jika kalian berkirim pesan atas nama bisnis, pastikan profil bisnis tersebut sudah lengkap supaya dapat segera digunakan.

Bagaimana, mudah bukan cara buat akun WhatsApp bisnis yang telah dipaparkan di atas. Segera buat akun kalian dan gunakan akun tersebut dengan bijak ya detikers.



Simak Video "WhatsApp Down, Netizen Ramai-ramai Mengeluh"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT