Mode Siluman WhatsApp, Tak Bisa Dilihat Siapa-siapa

Mode Siluman WhatsApp, Tak Bisa Dilihat Siapa-siapa

ADVERTISEMENT

Mode Siluman WhatsApp, Tak Bisa Dilihat Siapa-siapa

Tim - detikInet
Jumat, 11 Nov 2022 13:28 WIB
WhatsApp
Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -

WhatsApp sangat membantu untuk berkomunikasi. Akan tetapi ada kalanya pengguna membutuhkan privasi, bahkan kalau bisa sama sekali tidak ingin terdeteksi apakah sedang online atau tidak.

Tenang saja, WhatsApp telah punya fitur-fitur untuk menjaga privasi pengguna sampai seakan tidak bisa dilihat siapa-siapa. Ini caranya, seperti dihimpun detikINET, Jumat (11/11/2022):

Sembunyikan status online WhatsApp

Menyembunyikan status online WhatsApp sudah menjadi fitur resmi baru-baru ini. Artinya, pengguna tidak akan terlihat online lagi, dengan pengaturan yang sudah ada di WhatsApp. Berikut caranya:

  1. Pertama-tama, sudah pasti masuk ke dalam WA pribadi. Jangan masuk ke aplikasi chat milik orang lain, apalagi mantan.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Setting.
  3. Kemudian, pilih Account.
  4. Lalu, masuk ke Privacy.
  5. Di sini, silahkan pilih fitur Last Seen and Online.
  6. Langkah akhir tinggal pilih Nobody di bagian Last Seen dan Same as last seen di bagian Online. Karena memilih nobody, tidak ada yang bisa lagi melihat status online.
Status online WhatsAppStatus online WhatsApp disembunyikan. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Sembunyikan Last Seen

Last seen atau terakhir terlihat bisa menjadi indikasi kapan seorang pengguna aktif di WhatsApp. Nah, Last seen ini sudah cukup lama bisa dimatikan. Caranya sama persis dengan petunjuk di atas.

Menulis status offline di WhatsApp

Untuk semakin memperkuat kesan bahwa Anda tidak aktif di WhatsApp, maka sebaiknya status About atau tentang juga diubah. Caranya, akses Setting, kemudian tekan foto profil di paling atas.

Di situ pada baris kedua, ada menu About dengan setting default available atau tersedia. Nah, About ini bisa diubah dengan menekannya. Terdapat pilihan seperti At work, Sleeping, In a meeting atau Busy yang menandakan pengguna tidak begitu aktif. Jika ingin lebih tegas, maka bisa ditulis sendiri, misalnya sedang cuti atau sedang tidak aktif.

Mematikan centang biru

Semakin lengkap lagi adalah dengan mematikan centang biru. Seperti diketahui, jika fitur ini dinyalakan, pengirim pesan bisa tahu kamu sedang online karena akan ada dua centang biru di bawah pesan mereka yang menandakan kalau kamu sudah membaca chat tersebut.

Untuk mematikan centang biru di WhatsApp ini, masuk kembali ke halaman Privacy/Privasi seperti langkah di atas. Setelah itu cari opsi 'Read receipts'. Kamu cukup klik tombol yang ada di sampingnya untuk mematikan Read Receipts.



Simak Video "WhatsApp Akan Rilis 21 Emoji Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT