Google Terus Berhenti Muncul di HP Android? Ini Cara Memperbaikinya

Google Terus Berhenti Muncul di HP Android? Ini Cara Memperbaikinya

ADVERTISEMENT

Google Terus Berhenti Muncul di HP Android? Ini Cara Memperbaikinya

Benedictus Adhitia - detikInet
Rabu, 28 Sep 2022 14:44 WIB
An unrecognizable woman dressed in a white T-shirt with black stripes texting on her smartphone.
Google Terus Berhenti' Muncul di HP Android? Ini Cara Memperbaikinya. Foto: iStock
Jakarta -

'Google Terus Berhenti' dialami di berbagai HP Android. Keadaan ini biasanya terjadi ketika membuka aplikasi. Namun, dalam keadaan biasa juga bisa terjadi error seperti ini. Kondisi ini tentunya mengganggu dalam beraktivitas. Pada artikel ini, akan membahas cara memperbaiki "Google Terus Berhenti". Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Penyebab 'Google Terus Berhenti'

Sebelum masuk ke tahap cara memperbaiki 'Google Terus Berhenti"; yang perlu kita ketahui adalah tentang penyebab error tersebut. Kondisi error "Google Terus Berhenti" banyak dialami HP dengan sistem operasi Android. Di antaranya seperti VIVO, OPPO, Samsung, Xiaomi, LG, dan lainnya. Penyebab dari "Google Terus Berhenti" di antaranya:

Penumpukan FileCache

Dikutip dari Freecodecamp, Rabu (28/09/2002), cache adalah proses penyimpanan data secara sementara untuk mengurangi proses muat suatu website atau aplikasi. Penumpukan file cache pada suatu aplikasi bisa menyebabkan permasalahan sistem dan aplikasi. Hal ini bisa membuat aplikasi Google dalam keadaan terus berhenti.

Memori RAM yang Penuh

Memori RAM HP yang penuh bisa menjadi penyebab dari "Google Terus Berhenti". Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan menyebabkan permasalahan aplikasi yang terus berhenti.

Pembaruan Google

Pembaruan atau update seharusnya menjadikan aplikasi lebih stabil. Namun, di beberapa situasi pembaruan bisa jadi malah memicu sebaliknya. Pembaruan malah menambah bugs pada aplikasi.

Cara Memperbaiki 'Google Terus Berhenti'

Kalian pasti bingung dengan kondisi Google yang terus berhenti. Namun, jangan panik dengan masalah tersebut. Setelah mengetahui tentang penyebab dari 'Google Terus Berhenti;, simak juga cara memperbaikinya dengan mudah.

Dikutip detikINET dari Make Use Of, ada beberapa cara dalam memperbaiki masalah Google terus berhenti. Langkah ini merupakan langkah yang sama pada setiap HP dengan sistem operasi Android. Langkahnya sebagai berikut:

1.Bersihkan File Cache di Aplikasi Google

·Buka"Setelan"pada HP Android anda

·Menuju"Kelola Aplikasi"> cari dan pilih Google

·Kemudian, pilihlah"Hapus Data">"Bersihkan Cache"> Konfirmasi dengan klik"OK"
·Selesai.

2. Hapus Pembaruan Aplikasi Google

·Buka "Setelan" pada HP Android anda

·Pilih "Kelola Aplikasi" > cari dan pilih Google

·Pilih "Uninstall Pembaruan" > Konfirmasi dengan klik "OK"

·Dan anda sudah menghapus pembaruan aplikasi Google.

3. Restart HP Android Anda

Memperbaiki perangkat android yang berhenti berfungsi atau tidak merespons juga bisa dengan cara memulai ulang HP. Google menyarankan untuk melakukan restart HP (soft booting).

"Jika perangkat berhenti berfungsi dengan layar aktif, tahan tombol power selama kira-kira 30 detik untuk menyalakan ulang," seperti dilansir detikINET dari laman Google Help, Rabu (28/09/2022).

Cara yang direkomendasikan Google ini bisa menjadi jalan keluar bagi permasalahan "Google Terus Berhenti". Namun, hal ini tidak menjamin akan terselesaikan.

Begitulah beberapa cara dalam mengatasi permasalahan aplikasi Google yang terus berhenti. Perlu diketahui bahwa cara-cara di atas merupakan sebagian cara yang bisa dilakukan ketika 'Google Terus Berhenti'. Jika aplikasi Google di HP Android anda tetap mengalami hal yang sama, sebaiknya anda melaporkan bug pada pihak Google sembari menunggu Google dalam merilis pembaruan aplikasi Google.



Simak Video "Deretan HP Android dengan Radiasi Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT