Ternyata Gampang Banget! Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Windows

ADVERTISEMENT

Ternyata Gampang Banget! Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Windows

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 19 Agu 2022 10:15 WIB
Closeup of woman doing online shopping on digital tablet at home. Rear view of woman hand touching screen while selecting shoes on ecommerce portal. Lady use e-commerce webshop to buy shoes.
Ternyata Gampang Banget! Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Windows (Foto: iStock)
Jakarta -

Apakah kalian sudah mengetahui cara screenshot di laptop? Meskipun hal ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, akan tetapi, bagi pengguna baru pun pastinya cukup membingungkan.

Untuk menjadikannya mudah, detikINET sudah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, terkait cara screenshot di laptop Windows. Langkah-langkahnya sendiri tidak rumit, dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Setidaknya tidak hanya satu saja, tetapi ada empat cara yang akan dijabarkan di bawah ini. Setelah mengetahuinya, jangan lupa bagikan ke teman-teman detikers.

1. Cara Screenshot di Laptop dengan Tombol PrtScr

Metode ini, memungkinkan penggunanya untuk menangkap seluruh bagian layar, dalam satu kali tekan saja. Di sini, pengguna bisa memanfaatkan tombol PrtScr yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard.

Namun perlu ditekankan, setiap keyboard memiliki desain berbeda-beda soal tata letak setiap tombol. Kendati begitu, umumnya di deretan tombol F1-F12.

Secara teknis, ketika pengguna menekan tombol PrtScr, maka hasil jepretan otomatis tersimpan di clipboard. Lalu langkah akhirnya, cukup paste atau tekan Ctrl+V di Paint maupun aplikasi Photoshop.

2. Cara Screenshot di Laptop dengan Tombol Alt+PrtScr

Untuk cara yang satu ini, detikers dapat mengkombinasikan antara tombol Alt dengan PrtScr. Namun perlu diingat, langkah yang dilakukan ini, hanya berlaku untuk tangkapan layar, dari jendela di mana saat itu sedang aktif.

Kemudian, langkah selanjutnya cukup menempatkan gambar tersebut ke Paint atau Microsoft Office. Namun perlu diingat, bahwa di beberapa komputer, detikers harus menekan tombol Alt+Fn+Prtsc.

3. Cara Screenshot di Laptop dengan Tombol Windows+PrtScr

Selanjutnya memadukan tombol Windows+PrtScr. Kendati demikian, secara fungsi memang sama-sama menyalin visual di layar dan perbedaan terletak pada gambar yang didapatkan.

Jika menggunakan fitur ini, hasilnya langsung tersimpan secara otomatis di penyimpanan internal laptop detikers. Jadi tidak butuh usaha lebih, di mana harus paste terlebih dahulu ke Paint.

4. Cara Screenshot di Laptop dengan Tombol Windows+Shift+S

Cara Screenshot di laptop yang terakhir bisa memberdayakan tiga tombol sekaligus, yakni Windows+Shift+S. Nah, ini merupakan siasat paling sederhana dan fleksibel tentunya.

Sebab detikers dapat memilih bagian tertentu yang ingin ditangkap layarnya, jadi tidak perlu semua layar. Ketika sudah menekan secara bersamaan, kalian cukup klik dan drag. Hasilnya bisa langsung salin di Paint atau Microsoft Office.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT