Jangan Remehkan! 5 Tanda WhatsApp Anda Dibajak Orang

Jangan Remehkan! 5 Tanda WhatsApp Anda Dibajak Orang

ADVERTISEMENT

Jangan Remehkan! 5 Tanda WhatsApp Anda Dibajak Orang

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 17 Jul 2022 09:56 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: Photo by Rachit Tank on Unsplash
Jakarta -

Jadilah orang yang lebih peduli dengan keamanan akun WhatsApp masing-masing. Inilah tanda jika WhatsApp dibajak orang lain.

Risiko dari pembajakan WhatsApp cukup besar. Kita bisa mengalami kerugian mulai bocornya nomor kontak, data, foto, video dan lain-lain. Intinya privasi kita menjadi korbannya.

Pelaku yang berniat jahat juga bisa memanfaatkan WhatsApp kita, nomor kontak di dalamnya dan aneka informasi. Dampak akibatnya, pelaku melancarkan modus penipuan terhadap orang lain.

Oleh sebab itu, para pengguna WhatsApp harus hati-hati dan waspada jika ada perilaku aneh dari WhatsApp mereka. Bisa jadi itu adalah ciri-ciri pembajakan.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Minggu (17/7/2022) berikut ini adalah sejumlah tandanya.

Tanda-tanda akun WhatsApp dibajak:

1. Menerima SMS OTP

One Time Password (OTP) akan muncul jika ada percobaan akses ke akun WhatsApp kita. Jika menerima SMS OTP, padahal Anda tidak sedang log out atau berganti smartphone untuk mengakses WhatsApp, artinya ada orang lain yang sedang melakukannya.

One Time Password (OTP) adalah faktor krusial dalam keamanan WhatsApp Anda. Kode 6 angka ini tidak boleh diberikan ke siapapun juga.

Jika muncul SMS OTP WhatsApp ke ponsel Anda, artinya sedang ada upaya penembusan dari perangkat lain. Solusinya: Abaikan saja SMS itu.

Jika terjadi social engineering atau upaya rekayasa dengan modus menghubungi Anda untuk meminta 'kode OTP yang nyasar', abaikan saja! Ingat OTP Anda hanya untuk Anda.

2. Keluar sendiri dari WhatsApp Web

Banyak orang menghubungkan WhatsApp di ponsel dengan WhatsApp Web di laptop. Hal ini bisa jadi alat bantu deteksi juga terhadap upaya pembajakan.

Jika tahu-tahu Anda log out dari WhatsApp Web, berarti ada orang lain yang sedang memakainya. Solusinya: cari tahu siapa yang mencoba akses dengan cara buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, klik titik 3 dan klik Linked Devices.

Nanti akan tampil perangkat mana saja yang terhubung dengan WhatsApp Anda. Dikutip dari India Today, jika WhatsApp Anda aktif dari perangkat yang tidak Anda kenali, segera putuskan hubungan dengan perangkat asing itu.

3. Status online dengan sendirinya

Jika WhatsApp Anda dinyatakan online, padahal sedang tidak aktif, hal ini juga bisa jadi indikasi pembajakan. Untuk mengujinya, coba cek status WhatsApp Anda melalui akun orang lain misalnya dari smartphone anggota keluarga lain atau teman dekat.

4. Pesan terbaca atau terkirim sendiri

Jika sebuah pesan terbaca dan Anda tidak merasa pernah membaca pesan tersebut, ada kemungkinan akun WhatsApp Anda dibajak. Begitu juga, jika ada pesan terkirim ke orang lain, padahal Anda tidak mengirimkannya. Ada indikasi bahwa WhatsApp Anda kena pembajakan.

5. Smartphone cepat panas, baterai cepat habis

Jika ponsel Anda sering panas, atau baterainya lebih cepat habis dari biasanya, apalagi ada notifikasi download tidak dikenal dan sedang berlangsung, ini ada indikasi ada aplikasi jahat pihak ketiga sedang beraksi. Demikian analisa dari Technique How.

Ponsel panas artinya prosesor sedang melakukan pekerjaan berat dan bisa jadi indikasi penyadapan. Coba cek setting dan klik Battery untuk mengecek Battery Usage, coba lihat apa ada aplikasi asing yang menghabiskan tenaga ponsel Anda. Hapus saja aplikasi asing tersebut demi keamanan.



Simak Video "WhatsApp Down, Netizen Ramai-ramai Mengeluh"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT