Begini Cara Download Lagu di YouTube Music

ADVERTISEMENT

Begini Cara Download Lagu di YouTube Music

Josina - detikInet
Selasa, 05 Jul 2022 15:00 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Buat kamu yang berlangganan di YouTube Premium, otomatis kamu juga dapat menikmati musik secara offline. Hal ini membuat kamu dapat mendownload lagu-lagu di YouTube dan video favorit di smartphone.

Namun, sebagai catatan perangkat kamu harus terhubung ke internet minimal sekali setiap 30 hari untuk tetap mempertahankan hasil download-an.

Ada dua cara download lagu YouTube agar bisa didengarkan secara offline sebagaimana dilansir detikINET dari laman resmi Google Support.

1. Download Lagu YouTube Music dengan Smart Download

Dengan Smart download, aplikasi akan mendownload lagu-lagu secara otomatis berdasarkan histori lagu yang didengarkan.

Untuk memastikan musik selalu tersedia, kapan saja dan di mana saja, aktifkan Smart download di perangkat seluler Anda:

  1. Buka aplikasi YouTube Music
  2. Ketuk foto profil Anda
  3. Ketuk Hasil download
  4. Ketuk Setelan
  5. Aktifkan "Smart download"

Setelah Smart download diaktifkan, musik akan otomatis didownload berdasarkan histori lagu yang Anda dengarkan. Anda dapat melihat, menjeda, atau menghapus histori tontonan untuk menyempurnakan rekomendasi dan musik yang didownload untuk Anda.

Jika kamu tidak menyukai playlist atau album tertentu pada hasil download, kamu juga dapat menghapusnya dengan mengetuk Menu lalu "Hapus hasil download ".

Playlist atau album yang telah dihapus tidak akan didownload ulang ke Smart download, tetapi kamu masih dapat melihatnya di tempat lain di aplikasi YouTube Music.

Pilihan musik diperbarui setiap malam saat kamu terhubung ke Wi-Fi. Pilihan musik juga dapat diperbarui melalui data seluler tak terbatas, bergantung pada setelan download.

Kamu juga harus memiliki daya baterai lebih dari 40%. Musik yang didownload dapat diputar hingga 30 hari setelah terputus dari internet.

Perlu diperhatikan bahwa ketika kamu terhubung kembali ke internet, beberapa konten mungkin tidak tersedia lagi karena ada perubahan atau pembatasan konten yang dibuat oleh kreator video.

2. Download Lagu YouTube Sesuai Pilihan Sendiri

Selain cara di atas yang secara otomatis, kamu juga bisa mendownload pilihan lagu yang disukai baik berdasarkan playlist dan album ataupun per-lagu.

  • Untuk donwload lagu YouTube berdasarkan playlist dan album caranya kamu cukup ketuk Menu ikon titik tiga, lalu pilih Download. Kamu juga dapat mengklik panah download di halaman detail album atau playlist.
  • Untuk donwload masing-masing lagu dari halaman tonton, kamu bisa mengetuk desain sampul lagu apa pun lalu mengetuk Download atau dengan mengetuk Menu lalu mengetuk Download.

Perlu diperhatikan jumlah lagu yang dapat kamu download bergantung pada jumlah ruang kosong yang tersedia di smartphone kau. Hal ini juga dipengaruhi oleh durasi dan kualitas file audio atau video yang ingin disimpan.

Kamu dapat membatasi jumlah lagu untuk Smart download dan memilih antara mendownload audio atau video dengan mengetuk foto profil kamu lalu "Setelan" lalu "Setelan Offline".



Simak Video "Konten YouTube Jadi Jaminan Utang, Kemenkumham Beberkan Persyaratan"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT