Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 20:45 WIB
Ilustrasi Main HP
Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui, Aman! (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Terlalu banyak grup WhatsApp kadang bikin kesal. Mau keluar tidak enak hati. Nah, ini cara melakukannya yang aman.

Grup WhatsApp di smartphone kita macam-macam. Ada grup keluarga, circle pertemanan, kantor, sekolah, sampai grup RT pun ada.

Masalahnya, kadang kita dimasukan ke grup itu tanpa izin. Atau, suasana grupnya tidak bikin nyaman dan bikin kita ingin pergi dari sana.

Namun, mau keluar dari sana bingung dan tidak enak hati, atau kuatir jadi gunjingan. Tapi, ada kok cara keluar dari grup WhatsApp yang relatif aman dan bisa dicoba, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (18/6/2022).

Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui:

1. Ganti nomor

Kamu bisa keluar grup WhatsApp tanpa disadari oleh anggota group lain, dengan mengganti nomor telepon. Cara ini cocok buat orang yang fleksibel buat gonta-ganti nomor telepon. Tapi memang kalau kamu tidak bisa sembarang ganti nomor, cara ini sepertinya kurang cocok.

Kekurangan lainnya, pergantian nomor tentu perlu diberitahukan pada kolega atau orang-orang terdekat. Selain itu, histori percakapan WhatsApp di nomor yang lama berpotensi lenyap.

2. Palsukan nomor

Cara leave grup WhatsApp tanpa ketahuan juga bisa dilakukan dengan cara menyiapkan nomor baru sementara. Masuk ke pengaturan di WhatsApp (titik tiga di atas), pilih akun atau account, kemudian sentuh menu ubah nomor. Masukkan deh nomor baru cadangan.

Usai langkah pertama selesai, segera tinggalkan grup yang mau ditinggalkan. Lanjut, pada menu pengaturan HP, pilih aplikasi WhatsApp lalu hapus data dan cache. Akun WhatsApp akan hilang tetapi namamu akan tetap ada di daftar anggota grup. Terakhir, buka aplikasi WhatsApp lalu daftar ulang dengan nomor lama kamu.

Langkah ini cukup rumit dan memerlukan dua nomor WhatsApp. Namun demikian, sepertinya paling ampuh untuk memberi kesan seolah-olah masih berada di suatu grup WA.

3. Hapus nama dan foto profil

Edit nama dan hapus foto pada profil WhatsApp, bisa jadi strategi juga. Meski ada kemungkinan ketahuan, minimal tidak ada notifikasi yang menyebut nama saat kamu keluar. Ini bisa dilakukan ketika group WA sedang ramai-ramainya dengan pembicaraan.

Salah satu cara keluar grup WA tanpa ketahuan orang lain ini, kemungkinan sedikit atau malah tidak ada yang tahu bahwa Anda sudah keluar karena notifikasi yang anggota lain terima adalah tidak menyertakan nama Anda.

4. Bisukan grup WhatsApp selamanya

Cara terakhir ini bisa jadi alternatif juga. Kamu bisa 'keluar dari grup tanpa keluar dari artian sesungguhnya. Yaitu dengan membisukan selamanya.

Jadi, kalian tetap masih menjadi bagian dari grup, tetapi tidak akan lagi menerima pemberitahuan selamanya. Untuk melakukannya, tekan tahan grup yang dipilih. Saat muncul pilihan mute notification atau mengaktifkan fitur bisu, pilih opsi 'selalu'.

Setelah itu, lupakan saja pernah ada grup ini di dalam ingatan Anda. Chatnya akan terus tergeser ke bawah tertimpa chat baru yang lebih penting.



Simak Video "5 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Coba! "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)