7 Cara Pakai Google Maps yang Paling Mudah

ADVERTISEMENT

7 Cara Pakai Google Maps yang Paling Mudah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 15 Jun 2022 17:11 WIB
Infografis Google Maps
Cara Pakai Google Maps yang Paling Mudah (Foto: detikcom)
Jakarta -

Ada kejadian pemobil tersasar ke kuburan padahal pakai Google Maps. Mungkin ada yang salah dengan cara navigasinya. Yuk simak cara yang benar.

Aplikasi Google Maps memang sederhana dan sudah jadi aplikasi bawaan di semua smartphone. Namun memakai aplikasi ini jangan ceroboh, atau ada risiko tersasar.

Pada Rabu (15/6/2022) ada lagi kejadian mobil tersasar ke kuburan di Kampung Suniaraja, Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. Kejadian ini sampai viral.

Pengemudi mengaku mengikuti Google Maps, namun malah diarahkan ke kuburan. Tampaknya, ada kemungkinan kesalahan pembuatan rute perjalanan.

Nah, dihimpun detikINET dari panduan resmi Google, inilah cara pakai yang paling mudah dan juga paling benar.

Cara pakai Google Maps yang benar:

  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone Anda
  2. Tentukan lokasi tujuan dengan mencari di peta atau ketik di kolom pencarian
  3. Pilih Direction, setelah itu Google Maps akan membuat rute menuju ke sana. Nah, poin selanjutnya harap hati-hati
  4. HATI-HATI, jangan salah pilih rute. Pilih rute sesuai moda transportasi yang dipakai. Ada ikon mobil, motor, kereta (kendaraan umum), jalan kaki, atau kendaraan online
  5. Rute utama atau tercepat akan tampil dengan warna biru. Jika ada pilihan rute lain, Google Maps akan menampilkan warna abu-abu
  6. Evaluasi rute. Cek baik-baik rutenya, jika keluar dari jalan raya dan masuk ke jalan kecil, periksa lagi dengan Google Street View untuk memastikan kendaraan Anda bisa lewat
  7. Jika sudah yakin dengan rutenya, klik Start untuk memulai navigasi

Perhatian ya detikers, banyak pengguna tersasar karena kesalahan di poin 4 dan poin 6. Mau pergi naik mobil, tapi memilih rute motor, akibatnya dibawa ke jalur yang sempit. Ada juga yang naik motor, tapi memilih rute mobil, akibatnya ada kejadian motor masuk ke jalan tol.

Sementara kesalahan pada poin 6 adalah, luput memperhatikan kondisi rute yang dilewati. Memang sih rute mobil, tapi mobil apa dulu? Mobil city car mungkin muat, sementara kalau SUV belum tentu bisa lewat.

Jadi meski tampak mudah, memakai Google Maps memang harus cermat. Selamat mencoba dan semoga lancar di perjalanan!



Simak Video "Google Maps Bakal Rilis Fitur Cek Tarif Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT