Tips Bikin Video Ala Profesional Pakai Samsung Galaxy S22 Ultra

Tips Bikin Video Ala Profesional Pakai Samsung Galaxy S22 Ultra

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 04 Apr 2022 18:45 WIB
Samsung Galaxy S22 Ultra
Tips Bikin Video Berkualitas Profesional Pakai Samsung Galaxy S22 Ultra Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Berkat kecanggihan ponsel zaman sekarang, proses membuat konten video untuk media sosial jadi makin mudah dan cepat. Tidak berhenti sampai di situ, kamera ponsel juga bisa dimanfaatkan untuk membuat video yang sinematik bahkan berkualitas seperti film profesional.

Begitu kata sutradara Andri Cung yang didapuk menggarap web series 'My New Rules of Journey' yang dirilis oleh Samsung sebagai bagian dari program Galaxy Movie Studio 2022. Andri ditantang untuk membuat web series tersebut menggunakan ponsel Galaxy S22 Ultra.

"Pengalaman syuting web series ini one of a kind experience buat saya dan buat tim," kata Andri dalam konferensi pers virtual Galaxy Movie Studio 2022, Senin (4/4/2022).

"Bukan hanya proses syuting yang exciting karena saya bisa mengeksplorasi proses pembuatan web series yang berbeda dari pengalaman sebelumnya, tapi saya juga bisa menghasilkan karya yang unik dan berbeda dan mudah-mudahan bisa dinikmati," sambungnya.

Meski web series ini dibuat menggunakan Galaxy S22 Ultra, Andri mengaku semua prosesnya sama seperti pengambilan gambar menggunakan kamera konvensional.

Proses syuting juga jadi lebih fleksibel dan efisien karena Andri dan timnya tidak perlu membawa banyak peralatan, cukup bermodalkan ponsel Galaxy S22 Ultra yang baterainya diklaim bisa bertahan sepanjang hari.

Selama proses pengambilan gambar, Andri mengatakan sangat terbantu dengan dua fitur bawaan Galaxy S22 Ultra yaitu nightography dan auto frame rate. Nightography sendiri merupakan fitur jagoan Galaxy S22 series yang bisa mengambil foto dan video dengan jernih meski dalam kondisi minim cahaya.

"Auto frame rate di Galaxy S22 Ultra ini nolong banget selama syuting karena bisa nyesuain tingkat penyerapan cahaya, jadi kualitas videonya itu lebih cerah, noise-nya nggak ada, tetap tajam, bahkan di bawah terik matahari juga bisa berjalan dengan mulus," jelas Andri.

Untuk sineas dan kreator muda yang ingin membuat konten video berkualitas profesional menggunakan ponsel, Andri menawarkan satu tips penting yaitu sering-sering mengulik kemampuan kamera ponsel. Andri juga melakukan hal yang sama sebelum memulai proses syuting web series ini.

"Saya dan tim kita workshop dulu kita cari tahu keunggulannya apa. Oh ternyata ini bisa dipakai ini, jadi benar-benar banyak sekali fitur yang banyak nolong. Jadi rajin-rajin ngulik dan mempelajari HPnya karena banyak sekali fitur menariknya," kata Andri.

Jika ingin bereksperimen untuk membuat konten yang lebih unik, Andri menyarankan untuk mengutak-atik sendiri pengaturan kamera menggunakan mode Pro. Apalagi Galaxy S22 Ultra juga sudah menyediakan fitur Pro Video.

"Karena handphone-nya fleksibel jadi ya mau pakai yang video auto-nya hasilnya bagus, tapi misalnya kalian mau bereksperimen dengan pro video-nya karena ada juga fiturnya di situ yang bisa kita atur ISO-nya, speed-nya itu bisa di situ," kata Andri.

"Kalau saya sesuai kebutuhan saja sih pakainya dan dua-duanya sama bagusnya jadi sebenarnya tinggal selera dan seberapa kalian mau eksperimen dengan HP itu sendiri dan kebutuhannya apa," pungkasnya.



Simak Video "Keistimewaan Samsung Galaxy S22 Ultra yang Mirip Galaxy Note"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)