Cara Screenshot Layar di Laptop Windows dan Mac OS dengan Mudah

Cara Screenshot Layar di Laptop Windows dan Mac OS dengan Mudah

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 24 Mar 2022 14:55 WIB
ilustrasi komputer
Cara Screenshot Layar di Laptop Windows dan Mac OS dengan Mudah (Foto: unsplash)
Jakarta -

Tahukah detikers, ternyata ada beragam cara bisa kalian lakukan untuk screenshot layar di laptop Windows dan Mac OS. Nah penasaran? Yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Namun sebelum itu, mungkin beberapa di antara kalian sudah mengetahui langkah dasar, untuk mengambil cuplikan visual tersebut, khusus di Windows. Di mana pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan, yaitu Print Screen (PrtSc).

Lalu cukup menekan tombol ctrl+v di Paint dan simpan hasil tangkapan layar tersebut. Kendati begitu, ternyata masih ada siasat lain lho. Berikut cara screenshot layar di laptop Windows dan Mac OS dengan mudah, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Kamis (24/3/2022).

Ini Cara Screenshot Layar di Laptop Windows

Untuk langkah sederhana yang bisa dilakukan, yakni menggunakan fitur bawaan laptop. Seperti penjelasan sebelumnya, di mana detikers dapat memanfaatkan tombol PrtSc. Hanya saja, ada cara lain bisa dicoba lho.

1. Alt+PrtSc

Pertama-tama para pengguna dapat mengkombinasikan antara tombol Alt dengan PrtScr. Kendati begitu, cara ini hanya berlaku untuk tangkapan layar, dari jendela yang sedang aktif.

Kemudian, langkah selanjutnya cukup menyalin gambar tersebut ke Paint atau Microsoft Office. Namun perlu diingat, bahwa di beberapa komputer, detikers harus menekan tombol Alt+Fn+Prtsc.

2. Windows+PrtSc

Selanjutnya, bisa memadukan tombol Windows+PrtSc. Sebenarnya hasilnya sama-sama menangkap layar yang ingin diambil. Nah, perbedaannya terletak pada gambarnya.

Di mana jika menggunakan fitur ini, hasil screenshot langsung tersimpan secara otomatis di penyimpanan internal. Sehingga tidak butuh upaya menyalin terlebih dahulu di Paint.

Sayangnya, ini hanya berlaku bagi pengguna Windows 10. Untuk hasil tangkapan layar bisa dilihat pada Data C - Users - Nama pengguna - Pictures - Screenshot.

3. Windows+Shift+S

Cara screenshot layar di laptop Windows berikutnya, yakni menggabungkan tombol Windows+Shift+S. Ini menjadi cara paling fleksibel yang bisa digunakan.

Sebabnya, detikers dapat memilih bagian tertentu yang ingin ditangkap layarnya, jadi tidak perlu semua layar. Ketika sudah menekan secara bersamaan, kalian cukup klik dan drag. Hasilnya bisa langsung salin di Paint atau Microsoft Office.

Ini Cara Screenshot Layar di Mac Os

Sedangkan cara screenshot layar di laptop Mac OS, berbeda dengan Windows. Lantas bagaimana solusinya? Mari simak uraian berikut ini.

1. Shift+Command+3

Cara pertama ini akan mengambil jepretan satu layar di Mac OS. Cukup tekan dan tahan tombol Shif+Command+3 secara bersamaan.

Bila ingin mengedit hasilnya, cukup klik pada gambar mini di sudut layar. Detikers juga bisa menunggu hingga tangkapan tersebut tersimpan di dekstop.

2. Shift+Command+4

Masih serupa dengan sebelumnya, hanya saja kalian perlu mengganti angka 3 menjadi 4. Sehingga teknisnya, detikers cukup menekan Shift+Command+4.

Lalu arahan cursor atau bidik, untuk memilih area mana yang ingin di screenshot. Bila ingin memindahkan ke tempat tertentu, tekan dan tahan Space bar sembari menarik penunjuk bidik.

Jika dirasa kurang sesuai, kalian dapat membatalkannya, dengan klik tombol Escape. Namun bila ingin mengambil jepretan layar, lepas tombol mouse dan trackpad.

3. Shift+Command+4+Space bar

Cara screenshot layar di laptop Mac OS yang terakhir, hanya perlu menambahkan tombol Space bar dari penjelasan sebelumnya. Sehingga bila dipraktekkan, jadi seperti ini: Shift+Command+4+Space bar.

Di sini, pengguna dapat mengambil jepretan pada jendela atau menu tertentu. Fitur akan terlihat aktif, ketika ikon kamera muncul. Sedangkan jika ingin membatalkannya, cukup tekan Escape.

Itu dia cara screenshot layar di laptop Windows dan Mac OS dengan mudah. Semuanya sudah disediakan oleh pengembang, pada masing-masing perangkat. Semoga bermanfaat detikers.



Simak Video "Pengguna Windows 8.1 Diminta Segera Upgrade ke Windows 10"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)