6 Hal ini Wajib Diajarkan Ketika Mengikuti Kursus Mengemudi

ADVERTISEMENT

6 Hal ini Wajib Diajarkan Ketika Mengikuti Kursus Mengemudi

Sponsored - detikInet
Jumat, 18 Feb 2022 16:33 WIB
adv
Jakarta -

Kursus menyetir adalah salah satu cara untuk bisa mengemudikan kendaraan. Sekarang ini, banyak sekali lembaga yang menyediakan layanan kursus mengemudi dengan ciri khasnya. Terdapat teori mengemudi yang disampaikan melalui kelas, akan tetapi ada pula yang teorinya diberikan bersamaan pada saat sudah berada di dalam mobil. Lantas, biasanya apa saja yang diajarkan ketika Anda mengikuti kursus mengemudi ini?

Yuk, simak pembahasannya di dalam artikel ini. Apa Saja yang Diajarkan Ketika Mengikuti Kursus Mengemudi

Apakah Anda penasaran dengan apa saja yang akan diajarkan apabila Anda mengikuti kursus menyetir? Kemungkinan masih banyak dari Anda yang masih bimbang untuk mengikuti kursus menyetir ini. Sebab, bagaimanapun, mengikuti sebuah kursus pasti ada biayanya. Terlebih lagi untuk beberapa orang, biaya untuk ikut kursus menyetir terbilang relatif mahal.

Anda pun akan merasa sayang apabila sudah mengeluarkan biaya banyak, namun proses pembelajaran yang Anda terima ternyata tidak sesuai. Untuk menjawab kebimbangan Anda, cobalah simak ulasan berikut ini. Kenali terlebih dahulu mengenai materi apa saja yang umumnya diajarkan selama Anda mengikuti kursus mengemudi.

Pengenalan Mobil

Pertama-tama, biasanya instruktur akan memperkenalkan terlebih dahulu mengenai instrumen mobilnya. Seperti posisi pedal gas, kopling, rem, rem tangan, pengatur lampu, pengatur tempat duduk, dan lain sebagainya.

Instruktur pun biasanya juga akan menjelaskan terkait fungsi-fungsi dari instrumen mobil tersebut. Pertemuan pertama dengan peserta umumnya akan diisi dengan pengenalan-pengenalan tersebut. Pengenalannya pun hanya seperlunya saja, tidak terlalu mendetail.

Teknik Dasar Menyetir

Sesudah pengenalan terhadap instrumen mobil, maka Anda akan belajar mengenai dasar-dasar mengoperasikan mobil. Apabila Anda masih pemula, instruktur akan mengajarinya mulai dari cara menghidupkan mobil, cara mengoperasikan transmisi dan kopling, cara memajukan dan memundurkan mobil, cara berbelok, cara menghentikan mobil, dan yang lainnya.

Pada tahap tersebut, biasanya instruktur akan mengajak Anda untuk berlatih di area yang lapang. Kemudian instruktur akan membawa Anda ke jalan yang sesungguhnya, apabila pada tahap ini sudah cukup Anda kuasai.

Uji Coba di Jalan

Pada saat mengikuti kursus mengemudi, sesudah teknik dasar cukup Anda kuasai, maka instruktur akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan jalanan sebenarnya. Nah, di sinilah Anda dapat mengimplementasikan teknik dasar mengemudi di medan sesungguhnya.

Mungkin pada awalnya Anda akan merasa kikuk. Pasalnya berkendara di area yang lapang dan pada jalanan yang tidak terbatas, rasanya akan berbeda. Sehingga, penguasaan teknik dasar menyetir menjadi pondasi yang penting sebelum instruktur membawa Anda untuk turun ke jalanan.

Biasanya terdapat beberapa masalah yang biasanya dialami oleh para pemula pada saat awal-awal turun ke jalan. Seperti feeling tentang ukuran body mobil yang biasanya belum terbentuk, kurang stabil dalam mengendalikan gas dan setir, serta masih kaku dalam menggunakan spion sehingga pandangan Anda kaku selalu lurus ke depan.

Pelatihan di Medan Khusus

Penyedia layanan kursus menyetir terbaik dan profesional tentunya akan sangat memperhatikan detail. Bukan hanya menjalankan uji coba di jalan, namun biasanya terdapat pula sebuah pelatihan khusus untuk medan atau kondisi tertentu. Seperti pada saat tanjakan, putar balik, parkir, dan lainnya.

Kondisi semacam itu tidak dapat Anda sepelekan dan membutuhkan skill untuk Anda melakukannya dengan lancar.

Teori dan Etika Berkemudi di Jalan

Hal tersebut biasanya banyak diabaikan atau dianggap remeh. Padahal pemahaman mengenai teori juga sangat perlu. Bisa mengemudikan mobil itu satu hal, namun mampu berkendara dengan baik dan benar ini merupakan hal yang lain lagi.

Pada tahapan ini, para peserta yang mengikuti kursus menyetir akan memperoleh penjelasan mengenai aturan berlalu lintas dan juga etika berkendara. Bagaimanapun juga, kompetensi pengemudi yang baik tak hanya terbatas pada skillnya saja.

Uji Kompetensi Mengemudi

Jadi, sebelum Anda mendapatkan sebuah sertifikat mengemudi, biasanya akan diadakan uji kompetensi atau ibaratnya adalah ujian penilaian. Instruktur akan memberikan penilaian terkait bagaimana kemampuan Anda dalam berkendara.

Apabila Anda sudah cukup layak, maka Anda berhak mendapatkan sertifikat mengemudi. Nah, sertifikat itulah yang dapat Anda pakai untuk mengurus SIM dengan lebih mudah dan cepat. Kurang lebih seperti itulah yang Akan Anda dapatkan selama mengikuti kursus mengemudi.

Apabila Anda membutuhkan rekomendasi tempat layanan kursus mengemudi terbaik dan terpercaya Anda bisa mencari Google Map Satria Jayanti Cililitan yang berlokasi di Jalan Raya Cililitan Besar No.41, deket lampu merah Mall PGC seberang pangkalan trans Halim, kunjungi websitenya satriajayanti.co.id untuk cek promo terbarunya.

Dengan didukung instruktur profesional dan berpengalaman, layanan terbaik dengan harga kursus mobil yang terjangkau, Anda bisa belajar mengemudi dengan nyaman dan aman.

(Tagsite/satriajayanti.co.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT