Tips Hemat Baterai HP ala Poco

ADVERTISEMENT

Tips Hemat Baterai HP ala Poco

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 15 Feb 2022 08:09 WIB
Poco M3 Pro 5G
Poco M3 Pro 5G. Foto: Dok. Poco
Jakarta -

Banyak ponsel keluaran terbaru sudah dilengkapi baterai yang besar, misalnya 5.000 mAh. Namun jika aktivitas penggunanya yang sangat aktif, bisa saja baterai itu tak cukup dipakai untuk seharian.

Salah satu ponsel Poco yang dilengkapi baterai besar adalah Poco M3 Pro 5G, yang selain baterainya 5.000 mAh, juga dilengkapi system on a chip Dimensity 700 dari MediaTek, yang dibuat dengan fabrikasi 7nm.

Kombinasi ini seharusnya membuat Poco M3 Pro 5G bisa bertahan seharian tanpa perlu mengisi ulang. Namun jika aktivitas penggunanya terlalu aktif, mungkin kamu bisa mengikuti tips dari Poco dalam keterangan yang diterima detikINET.

  • Matikan fitur yang tak dipakai
    Fitur yang tidak digunakan namun tetap aktif kadang juga berpengaruh dalam konsumsi baterai ponsel. Maka dari itu, ada baiknya fitur-fitur seperti WiFi, Bluetooth, dan GPS dimatikan saat tak dipakai.
  • Matikan aplikasi yang sudah tak dipakai
    Membiarkan aplikasi terbuka di background akan membuat baterai ponsel terkuras dalam waktu cepat, bahkan bikin nge-lag. Untuk itulah, aplikasi yang sudah tak dipakai sebaiknya dimatikan saja. Tak perlu memakai aplikasi khusus, cukup menutupnya dari menu recent apps.
  • Pakai WiFi jika ada
    Terhubung ke internet menggunakan jaringan WiFi akan mengirit pemakaian daya ponsel ketimbang memakai jaringan seluler. Karena itu, jika ada jaringan WiFi yang bisa dipakai, sebaiknya dipakai saja.
  • Atur kecerahan layar
    Layar adalah salah satu penyedot daya baterai yang besar. Kamu bisa mengirit penggunaan baterai dari layar dengan mengatur tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan, atau bisa juga memakai fitur adaptive brightness, yang otomatis mengatur kecerahan layar. Selain itu, bisa juga mengurangi durasi layar menyala saat ponsel tak digunakan. Misalnya diatur ke 15 detik. Jadi saat ponsel tak digunakan selama 15 detik, layar akan mati.
  • Batasi lokasi dan data
    Hampir semua aplikasi membutuhkan info lokasi perangkat atau location services. Ini juga merupakan salah satu fitur yang sangat boros baterai. Oleh karena itu, jika sedang tak dipakai, lebih baik opsi location service dimatikan saja.
  • Pakai mode baterai
    Jika baterai sudah "sekarat" dan belum bisa terhubung ke charger, ada baiknya nyalakan saja mode hemat baterai yang ada di ponsel. Alhasil ponsel akan otomatis mematikan aplikasi yang ada di background, mampu mengelola aplikasi dengan baik, mengendalikan pengaturan pada ponsel secara otomatis, dan yang paling penting, secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang boros baterai.


Simak Video "Resmi Dirilis! Ini Harga dan Spesifikasi POCO C40 di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT