Cara Membuat Google Form di HP

Cara Membuat Google Form di HP

Muhammad Akbar Syahputra - detikInet
Senin, 13 Des 2021 16:30 WIB
google form
Ilustrasi Google Form. Foto: istimewa
Jakarta -

Google Form merupakan salah satu layanan terbaik untuk membuat survei atau kuesioner online saat ini. Seperti yang kita ketahui, Google Form merupakan layanan yang tersedia secara gratis dari Google untuk para penggunanya.

Cara membuat Google Form pun sangatlah mudah tanpa perlu bantuan dari aplikasi lain, berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan terlebih dahulu kamu memiliki akun Google berupa Gmail.

2. Buka browser pada HP, lalu pergi ke situs Google Form di laman https://docs.google.com/forms/

3. Pilih template formulir yang diinginkan. Dimana terdapat beberapa pilihan seperti Blank, Event Feedback, Order Form, JobApplication, dan Time Off Request. Jika kamu ingin mendesain template mu sendiri, kamu bisa memilih pilihan blank.

4. Untuk kamu yang mengakses melalui Google Drive, bukalah laman situs https://drive.google.com/spreadsheets/ atau klik New yang terletak di sudut kiri atas lalu pilih More dan pilih Google Formulir. Di samping Google Formulir, setelah itu arahkan ke panah kanan dan klik formulir Kosong atau dari template.

5. Tuliskan deskripsi singkat pada kolom Form Description agar orang dapat memahami tujuan dari formulir yang dibuat.

6. Kemudian buat pertanyaan yang ingin ditanyakan dan pilih format jenis pertanyaan yang terdiri dari:
• Pilihan Ganda (Multiple Choice) untuk jawaban Ya, Tidak, Mungkin atau Lainnya
• Jawaban Singkat atau Paragraf untuk jawaban yang membutuhkan deskripis.
• Pilihan Kotak Centang (Checkboxes) dan Tarik-turun (Dropdown). Untuk menambah pertanyaan, kamu bisa klik tanda "+" di sisi bagian kanan.

7. Setelah selesai membuatnya, pilihlah unggah yang berada tepat di sisi kanan atas Google Form, lalu bagikan link Google Form yang sudah dibuat dan kirim ke responden yang dituju.

Jika kamu merasa link Google Form terlalu panjang, kamu dapat mengubahnya agar menjadi lebih pendek dengan cara langsung klik Perpendek URL dan kemudian Copy link tersebut.

Sedangkan untuk melihat hasil kuesioner atau formulir yang sudah dibuat, kamu bisa lihat pada bagian Tanggapan di sebelah kanan bagian Pertanyaan. Kamu akan melihat berapa banyak orang yang telah merespon Google Forms yang kamu buat.



Simak Video "KuTips: Trik Buat Status WhatsApp Offline Padahal Lagi Online"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)