Cara Memblokir Orang Lain Sepenuhnya di Internet

Cara Memblokir Orang Lain Sepenuhnya di Internet

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 11 Des 2021 07:51 WIB
Bangkok, Thailand - JUN 18, 2018: social medial app iPhone mobile phone with blue screen background technology business smartphone digital communication facebook and internet editorial
Cara Memblokir Seseorang Sepenuhnya di Internet. Foto: Getty Images/Wiyada Arunwaikit
Jakarta -

Sudah jengah dan ingin memblokir seluruh orang toxic di sekitarmu -- setidaknya secara online? Terkadang ungkapan 'jangan pilih-pilih teman' tidak 100% benar karena fakta orang sekitarmu juga mempengaruhi seperti apa dirimu sekarang.

Karena itu, detikINET sudah merangkum dari Pop Science, Sabtu (11/12/2021) sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyingkirkan toxic people di dunia maya:

1. Google Maps

Google Maps memungkinkan kamu berbagi lokasi secara real-time dengan orang lain. Fitur ini berguna untuk mengawasi anak-anak dan bertemu dengan teman-teman. Tapi mungkin ada beberapa orang yang tidak ingin kamu bagikan informasi ini.

Dari Google Maps di web, klik tombol menu (tiga garis, kiri atas), lalu sentuh 'Location sharing', lanjut ke 'Manage your location'. Klik 'X' di sebelah nama siapapun yang ingin kamu hapus dari daftar. Orang itu tidak akan dapat lagi melihat lokasimu di Google Maps.

2. Apple Find My

Untuk memeriksa dan mengubah dengan siapa saja kamu berbagi lokasi real-time, buka app 'Find My' di iPhone atau iPad, lalu alihkan ke tab 'People'. Lalu, pilih saja nama orang yang tidak kamu inginkan lagi terhubung. Selanjutnya klik 'Stop Sharing My Location'.


3. Spotify

Mungkin riwayat mendengarkan Spotify bukan informasi pribadi yang paling sensitif, tetapi kamu bisa kok membuat orang lain tidak melihatnya.

Untuk memblokir seseorang melalui aplikasi seluler Spotify, ketuk 'Home', lalu ikon roda gigi (kanan atas), lalu 'View profile'. Di sana, buka 'Followers' untuk melihat siapa yang mengikutimu. Pilih nama dari daftar, lalu ketuk tiga titik (kanan atas) dan 'Block'.

4. Youtube

YouTube tidak lagi memiliki fitur pesan langsung, tetapi kamu masih bisa mendapatkan kontak yang tidak diinginkan yang meninggalkan komentar di konten. Untuk memblokir seseorang agar tidak berinteraksi dengan video kamu, klik nama pengguna orang itu, lalu alihkan ke tab 'About'. Setelahnya, klik ikon bendera di sebelah kanan dan pilih 'Block user'. Mereka masih dapat melihat video yang kamu buat untuk publik, tetapi mereka tidak akan dapat memberikan komentar pada video tersebut.

5. Seluruh sosial media

Facebook, Instagram, Twitter, tinggal pilih tombol 'Block' yang biasanya ada di pengaturan sehingga kamu bisa menghindari orang ini di dunia maya. WhatsApp dan Telegram juga memiliki opsi untuk memblokir.



Simak Video "Hore! Kini WhatsApp Bisa Ajak 512 Orang Masuk ke Grup"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)