Tips Sembunyikan Chat WhatsApp Mengganggu Tanpa Blokir Kontak

ADVERTISEMENT

Tips Sembunyikan Chat WhatsApp Mengganggu Tanpa Blokir Kontak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 14 Nov 2021 12:12 WIB
 on February 19, 2014 in San Francisco City.
Tips Sembunyikan Chat WhatsApp Mengganggu Tanpa Blokir Kontak Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Sering menerima chat WhatsApp yang mengganggu tapi segan memblokir kontaknya? Jangan khawatir karena WhatsApp memiliki fitur yang bisa menyembunyikan chat tanpa perlu memblokir kontak.

WhatsApp belum lama ini merilis fitur arsip baru yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan chat sekaligus mendiamkan notifikasinya untuk selamanya. Jadi fitur ini akan sangat berguna buat kalian yang, misalnya, sering menerima pesan mengganggu dari mantan pacar.

Sebelum fitur ini ada, chat WhatsApp yang sudah diarsipkan akan kembali ke inbox ke utama jika menerima pesan baru. Dengan fitur baru ini, chat yang sudah diarsipkan tetap akan disimpan di folder Archived meski menerima pesan baru.

Kalian juga tidak akan menerima notifikasi kalau ada pesan yang masuk ke chat yang sudah diarsipkan, kecuali kalau kalian di-mention atau pesan kalian dibalas di grup.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini cara menyembunyikan chat WhatsApp yang mengganggu tanpa perlu blokir kontak:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak atau grup yang ingin disembunyikan.
  • Di Android, ketuk dan tahan lalu ketuk ikon Archive yang menunjukkan kotak dengan tanda panah di bagian kanan atas aplikasi.
  • Di iOS, cukup swipe kiri atau ketuk dan tahan kontak yang ingin disembunyikan lalu pilih opsi Archive.
  • Chat akan langsung tersimpan di folder Archived secara permanen dan tidak akan menampilkan notifikasi jika ada pesan yang masuk.

Untuk mengakses chat yang sudah disembunyikan, kalian cukup membuka folder Archived yang ada di bagian atas halaman muka WhatsApp untuk Android atau iOS. Di situ kalian bisa melihat daftar kontak dan grup yang sudah diarsipkan.

WhatsApp juga memberikan opsi untuk mengembalikan chat dari folder Archived ke kotak masuk utama. Caranya buka folder Archives, ketuk dan tahan kontak atau grup yang ingin dikembalikan, lalu ketuk ikon Archive di pojok kanan atas.

Kalian juga masih bisa menggunakan fitur arsip model lama di mana chat yang sudah diarsipkan bisa kembali ke kotak masuk utama saat menerima pesan baru. Caranya buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp, pilih opsi Chat, lalu matikan toggle 'Keep chats archived'.

Bagaimana detikers, mudah bukan cara menyembunyikan chat mengganggu di WhatsApp tanpa blokir kontak?



Simak Video "5 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Coba! "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT