5 Cara Mengatasi WiFi Lemot

5 Cara Mengatasi WiFi Lemot

Sponsored - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 11:30 WIB
Ilustrasi WiFi
Foto: https://www.pexels.com/
Jakarta -

Penggunaan WiFi menjadi pilihan banyak orang karena lebih murah dan lebih puas dalam mengakses internet. Namun WiFi yang lemot seringkali membuat orang jadi kesal, apakah Anda juga merasakannya? Kalau iya, Anda harus mengetahui cara mengatasi WiFi lemot. Dengan begitu, Anda tetap bisa berinternet dengan cepat.

Pasalnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab WiFi lemot, seperti adanya penghalang dinding sehingga sinyal WiFi tidak dapat menembus dengan baik, jarak antara router dengan perangkat Anda terlalu jauh, tidak mendukung perangkat keras tertentu, terlalu banyak yang mengakses WiFi, dan lain sebagainya. Anda harus mengetahui penyebabnya lebih dulu, agar bisa mengatasinya dengan mudah dan tepat.

Agar aktivitas Anda menggunakan internet tidak terganggu, Anda harus mengetahui cara mengatasi WiFi lemot. Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan.

1. Pindahkan Router ke Dekat Perangkat

Siapa tahu yang membuat WiFi jadi lemot adalah jauhnya jarak router dengan perangkat, sehingga untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan relokasi atau pemindahan router ke tempat yang lebih dekat dengan perangkat keras yang Anda gunakan. Atau jika ingin mengunjungi terlebih dahulu Anda bisa bermain internet di area dekat hotel WiFi yang terpasang untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

2. Letakkan Router di Tempat Tinggi

Cara mengatasi WiFi lemot selanjutnya yaitu dengan memindahkan router ke tempat yang lebih tinggi serta tidak terhalangi dengan apapun. Pasalnya sinyal tidak dapat menembus bahan konstruksi, sehingga dengan meletakkan router di tempat yang tinggi dan jauh dari dinding atau kayu membuat koneksi jadi lebih cepat. Selain itu, meletakkan router di tempat yang terlalu rendah juga membuat akses sinyal terbatas.

3. Restart Modem atau Router

Cara mengatasi WiFi lemot yang cukup efektif selanjutnya yaitu dengan merestart modem atau router. Untuk merestart router atau modem Anda dapat mematikannya melalui saklar maupun tombol power. Anda juga dapat mencabut langsung adaptornya. Tunggulah 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

4. Periksa Sistem Laptop atau Komputer Anda

Koneksi WiFi yang lemot terkadang bisa disebabkan karena perangkat atau sistem laptop maupun komputer yang Anda gunakan sedang men-download banyak bandwidth, misalnya Windows update sedang jalan, banyak tab yang dibuka, sedang menyinkronkan data lokal komputer pada layanan cloud atau lainnya.

Oleh sebab itu, Anda harus melihat penyebabnya terlebih dahulu untuk bisa mempercepat internet pada laptop maupun komputer Anda.

5. Ganti Internet Service Provider

Langkah terakhir ketika Anda sudah melakukan semua hal, namun WiFi masih tetap lemot dan sering terjadi yaitu dengan mengganti layanan internet service provider.

Itulah 5 cara mengatasi WiFi lemot dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Untuk membantu mendapatkan koneksi internet yang lebih baik, Anda bisa membeli router WiFi serta komputer atau gadget yang lebih baik hanya di Shopee. Pasalnya ada kampanye belanja Shopee 12.12 Birthday Sale yang diadakan sampai 12 Desember 2021. Tentunya jangan sia-siakan kesempatan ini!

Akan ada banyak promo puncak Shopee 12.12 Birthday Sale yang bisa Anda raih. Seperti diskon hingga 90%, Tanam Shopeepay 12M, hingga Gratis Ongkir Xtra Lebih Banyak yang tentunya membuat kegiatan belanja Anda jadi lebih mudah. Jadi tunggu apa lagi? Mari berbelanja di Shopee lebih mudah untuk berbagai produk apapun!

(Content Promotion/Feritekno)