Cara Minta Siri dan Google Bacakan Notifikasi HP

Cara Minta Siri dan Google Bacakan Notifikasi HP

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 20 Nov 2021 07:13 WIB
Mi True Wireless Earbuds Basic S
Earbuds yang kamu gunakan bisa membantu kamu untuk mengetahui notifikasi yang dibacakan oleh Google Assistant atau Siri. Foto: Xiaomi
Jakarta -

Selain untuk mendengarkan lagu santai di Spotify atau Joox, earbuds yang kamu gunakan bisa membantu kamu untuk mengetahui notifikasi yang dibacakan oleh Google Assistant atau Siri. Bagaimana caranya?

Kamu dapat dibacakan notifikasi oleh Google Assistant atau Siri di iOS jika kamu memiliki sepasang AirPods, dan di Android jika kamu mempunyai Google Pixel Buds. Gadget yang lebih umum, seperti Samsung Galaxy Buds atau sepasang earbud nirkabel Sony juga dapat membacakan notifikasi ini dari perangkat manapun.

1. Cara mebuat notifikasi iOS dibacakan AirPods

Fitur Announce bisa kamu atur sehingga Siri akan dapat secara otomatis membacakan pesan masuk, sebagaimana melansir Pop Sci.

Setelah kamu melalui proses pengaturan awal AirPods, dari 'Settings' di iOS pilih 'Notifications' lalu pijit 'Announce Notifications'. Lebih jauh, kamu dapat memilih aplikasi mana yang bisa membacakan notifikasi dan mana yang tidak perlu dibacakan.

2. Cara membuat notifikasi Android dibacakan Pixel Buds

Pixel Buds Google dirancang untuk berhubungan erat dengan ponsel Android. Dengan bud yang sudah terhubung ke HP, buka 'Settings' di perangkat, lalu pilih 'Connected devices' yang terhubung dan ketuk ikon roda gigi di sebelah Pixel Buds. Pilih 'Google Assistant' dan aktifkan fitur 'Spoken notifications' dari daftar pilih aplikasi yang ingin dibacakan. Google Assistant akan membacakan notifikasi saat masuk.

3. Cara membuat notifikasi iOS dan Android dibacakan Galaxy Buds

Pertama, hubungkan bud ke perangkat kamu dengan mengunduh aplikasi Galaxy Buds untuk iOS, atau aplikasi Galaxy Wearable untuk Android. Dari sana, ketuk 'Earbud settings' lalu 'Read notifications aloud'. Di layar berikutnya, aktifkan 'Read aloud' saat menggunakan ponsel, ini akan mengirim pemberitahuan ke earbud saat pengguna menggunakan ponsel cerdas maupun dalam keadaan diam.

4. Cara membuat notifikasi iOS atau Android dibacakan earbud nirkabel Sony

Jika kamu menggunakan sepasang earbud nirkabel Sony, seperti WF-1000XM3 atau WF-1000XM4, kamu dapat membuat perangkat membacakan notifikasi untuk kamu di iOS atau Android. Tetapi kamu tidak akan menggunakan aplikasi Headphones Connect Sony melainkan platform Google Assistant untuk iOS atau Android.

Di iOS, buka aplikasi Google Assistant, lalu ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar. Pilih 'Settings' , pilih earbud Anda di bawah judul 'Devices', lalu aktifkan fitur 'Spoken Notifications'. Kamu dapat memilih aplikasi mana yang ingin dibacakan notifikasinya dan mana yang tidak.



Simak Video "Jalan Terjal Anak di Luar Nikah Menggugat Hak ke Ayah Biologis "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)